FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETIDAKDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DAN UPAYA PEMECAHANNYA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kendari)

Suhendri M.Pd., Kons.

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi pada siswa disekolah, seperti siswa sering membolos dan alpa. Adapun kategori siswa yang membolos dan alpa adalah siswa yang telah melakukan sebanyak tiga kali atau lebih, ini menurut kebijakan pihak sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian in adalah apa saja faktor-faktor yang menyebabkan ketidakdisiplinan belajar siswa di sekolah dan bagaimana upaya pemecahannya.Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab ketidakdisiplinan belajar siswa di sekolah dan bagaimana upaya pemecahannya.

Variabel penelitian adalah faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksiplinan belajar siswa di sekolah dan upaya pemecahannya. Subyek penelitian tidak disiplin didasarkan kebijakan sekolah, yaitu siswa-siswa yang dikategorikan telah melakukan tindakan bolos dan alpa. Selanjutnya data dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Kemudian data tersebut  dianalisis secara statistic deskriptif dalam bentuk presentase dan deskripsi frekuensi.

Kesimpulan penelitian ini, menunjukkan bahwa faktor-faktor yang sangat mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa di sekolah adalah faktor minat dan faktor lingkungan sekolah.Upaya pemecahannya yaitu guru pembimbing perlu melakukan layanan bimbingan dan konseling.seperti layanan konseling individu dan kelompok, serta kunjungan rumah dan melakukan bimbingan.

 

Kata Kunci :Ketidakdisiplinan Belajar, Upaya Pemecahannya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v3i2/%20Ok.1194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677