UPAYA MENINGKATKAN SELF CONCEPT SISWA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEHNIK HOMEROOM PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 AMBARAWA, KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Kartilah Kartilah

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah untuk meningkatkan Self Concept dalam  Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Tehnik Homeroom pada Siswa Kelas XI IPS 1  SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2017/2018.

Waktu penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 selama 5 (lima) bulan antara bulan Agustus sampai Desember 2017 dengan mengambil tempat  di SMA  Negeri 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang. Subyek  penelitiannya  adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang  Sejumlah 29 siswa, Sebagai sample ada 10 siswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Tindakan diambil sebanyak 3 kali dalam 3 siklus. Tindakan pada Siklus I, II dan Siklus III menerapkan Layanan Bimbingan Kelompok melalui Tehnik Homeroom, masing-masing Siklus terdiri dari atas 4 tahapan, yaitu: perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan tindakan (observation) dan refleksi tindakan (evaluation).

Data awal tentang Self Concept didapat dari hasil pengamatan  selama  kegiatan  layanan Bimbingan kelompok ,  dan  dari hasil analisa Psikologis berupa Skala  Self Concept siswa, juga diberikan kepada siswa  setelah dilakukan  tindakan berupa layanan Bimbingan Kelompok melalui Tehnik Honeroom untuk mengetahui tingkat perkembangan peningkatan  Self Concept  pada diri siswa.

Analisa data terhadap penelitian ini adalah Diskriptif Komparatif, membandingkan Self Concept   siswa  antara kondisi awal dengan siklus I, membandingkan  Self Concept Siswa antara siklus I dengan siklus II. Dan Self Concept Siswa dan III,  Self Concept   kondisi awal didapat dari pengamatan  perilaku saat kegiatan layanan Bimbingan Kelompok  berlangsung ,  Pada siklus I diadakan Layanan Bimbingan Kelompok  melalui Tehnik Homeroom untuk mengungkap permasalahan yang dialami siswa dan membahas solusi secara bersama-sama. Pada siklus II data proses diperoleh dari perubahan hasil refleksi siklus I . Pada siklus III  data diperoleh dari perubahan hasil refleksi siklus II.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan Self Concept  Siswa   sangat berarti dengan melaksanakan layanan Bimbingan Kelompok  Melalui Tehnik Homeroom  kepada siswa kelas XI IPS 1    SMA Negeri 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

 

Kata Kunci : Self Concept,  layanan Bimbingan Kelompok,  Homeroom


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v5i1.2927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677