FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI DI SMK TEXMACO PEMALANG

Dina Affiani Ika R, Siti Fitriana, Agus Setiawan

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya minat kewirausahaan siswa kelas XI. Hal tersebut disebabkan kurangnya rasa percaya diri dalam diri siswa dan belum ada keberanian dalam membuka suatu usaha.Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor apa yang menyebabkan rendahnya minat kewirausahaan siswa? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya minat kewirausahaan siswa kelas XI di SMK Texmaco Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus dengan menggunakan istrumen penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi sebagai sumber data. Data-data tersebut bersifat kualitatif  karena tidak berupa angka, tetapi berupa kalimat-kalimat atau peenyataan yang berasal dari hasil observasi dan wawancara. Subyek yang diambil sejumlah 3 siswa yang berada di kelas XI Finishing 1, kelas XI TB 2 dan kelas TKJ 2. Pengambilan data menggunakan metode wawancara dan di dukung dengan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya minat kewirausahaan siswa kelas XI di pengaruhi oleh tiga faktor yaitu kepribadian, faktor keluarga dan faktor lingkungan. Tidak memiliki rasa kepercayaan dalam dirinya, kurangnya interaksi sosial dan komunikasi dengan orang lain merupakan faktor dari kepribadian. Faktor keluarga terdiri dari tidak ada dukungan dari orang tua dalam menumbuhkan rasa minat kewirausahaan pada diri siswa dan faktor lingkungan, tidak menyukai sesuatu hal yang baru atau tempat-tempa yang baru. Dari ketiga faktor tersebut yang paling dominan adalah Faktor kepribadian. Hal tersebut dari berbagai hasil yang menunjukkan bahwa faktor kepribadian sangat mempengaruhi minat kewirausahaan, seperti kurangnya interaksi sosial dan komunikasi, kurangnya rasa kepercayaan dalam dirinya, pemalu dan hasil yang di buat kurang puas. Hal inilah yang menyebabkan beberapa siswa yang kurang minat terhadap kewirausahaan.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat di sampaikan adalah Dari beberapa faktor yang telah di jelaskan, di harapkan siswa mampu meningkatkan kembali  rasa minat kewirausahaan dan juga kemampuan yang di miliki supaya bisa di kembangkan untuk memulia sebuah usaha dari kemampuan siswa tersebut.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v5i1.2930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677