ANALISIS DISKRIPTIF KEMAMPUAN REGULASI DIRI PADA ATLET PENCAK SILAT SMP IT INSAN CENDEKIA KOTA SEMARANG

M.Imam Subhan, Siti Fitriana, M.A Primaningrum Dian M

Abstract


Penelitian ini Bertujuan untuk menganalisis kemampuan regulasi diri atlet pencak silat  SMP IT Insan Cendekia Kota Semarang.

Penelitian ini dilakukan dengan cara memaparkan fakta-fakta atau data-data yang diperoleh dari sumber data. Data-data tersebut bersifat kualitatif karena tidak berupa angka, tetapi berupa kalimat-kalimat atau pernyataan-pernyataan yang berasal dari hasil observasi dan wawancara. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis atau diuraikan untuk menemukan permasalahan yang menghambat atlet untuk berkembang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya beberapa aspek yang melatarbelakangi kemampuan regulasi diri atlet yaitu standar dan tujuan yang ditentukan sendiri, pengaturan emosi, intruksi diri, pengaturan diri, evaluasi diri, kontingensi yang ditetapkan sendiri. yang mempengaruhi keberhasilan konseling  pada regulasi diri atlet pencak silat. Hasil itu terbukti dari analisis observasi dan wawancara yang dilakukan pada dua atlet pencak silat SMP IT Insan Cendekia semarang dengan jawaban yang meliputi bahwa ada beberapa aspek yang mempengaruhi regulasi diri atlet. Semua itu menunjukan adanya aspek-aspekyang mempengaruhinya.

 

Kata kunci         : Analisis, Deskriptif, Regulasi diri Atlet


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v5i1.2934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677