EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA

Ana Yuliana

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian true experimental design dengan model pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini dengan jumlah 316 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dalam penelitian ini diketahui bahwa hasil thitung sebesar 5,78 dan ttabel sebesar 2,048. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung (5,78) > ttabel (2,048), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMA N  1 Godong” diterima kebenarannya dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal.

Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Komunikasi Interpersonal


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v6i1.4107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677