LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAME TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI

Rahayu Mubarokah, Tri Suyati, Gregorius Rohastono Ajie

Abstract


ABSTRAK

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswakelas XI SMK NEGERI 11 Semarang. Jenis penelitian adalah eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian true eksperimen design dengan jenis One Group Pre-test and Post-test design. Peneliti menggunakan sebanyak 18 siswa untuk kelompok eksperimen yang dibagimenjadi 2 kelompok. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi, wawancara dan observasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling.Hasil penelitian kelompok eksperimen skorpretest rata-rata 101 dan kelompok control sebesar 104. Hasil post-test menunjuk kan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 129 dan kelompok control sebesar 102.4. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 9.3 poin. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung= 2,274 ttabel sebesar 2,032 Dikonsultasikandenganttabeltarafsignifikansi 5% berarti= 2,274 >ttabel = 2,032. Disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelasXI SMK Negeri 11 Semarang.

Kata kunci: Layanan Bimbingan kelompok teknik simulation game, keterampilan komunikasi interpersonal


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v6i1.4118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677