BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI IPS

Tsamara Revinda Ibtyandi, Dini Rakhmawati, Farikha Wahyu Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik simulation games terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pemalang. Jenis penelitian ini adalah eksprimen kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang diambil sebanyak 18 siswa, 9 siswa untuk kelompok eksperimen dan 9 siswa untuk kelompok kontrol dengan menggunakan sampling sistematis. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui instrumen penelitian berupa skala psikologi komunikasi interpersonal dan wawancara. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test, treatment, dan post-test. Treatment dilaksanakan sebanyak lima kali pada kelompok eksperimen dengan rata-rata 101 menjadi 117,22 meningkat sebanyak 16,22. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 2,325 dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yaitu 2,120. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung = 2,325 > ttabel = 2,120. Disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik simulation games terhadap komunikasi interpesonal siswa kelas XI IPS SMA Negei 3 Pemalang.

Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Simulation Games, Komunikasi Interpersonal


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v6i2.4276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677