FAKTOR KONTROL DIRI DALAM PENGGUNAAN GADGET (SMARTPHONE) PADA SISWA

Azizah Ummu Syaroh

Abstract


Penelitian faktor kontrol diri dalam penggunaan gadget (smartphone) pada siswa ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa yang melanggar aturan sekolah untuk tidak membawa dan menggunakan gadgdet (smartphone) di sekolah, hal tersebut menandakan bahwa masih ada beberapa siswa yang memiliki kontrol diri yang kurang baik khususnya dalam penggunaan gadget (smartphone), upaya pencegahan dapat dilakukan oleh guru BK melalui layanan BK, untuk itu perlu diketahui apa saja faktor yang mempengaruhi kontrol diri dalam penggunaan gadget (smartphone) untuk menunjang materi layanan yang akan disampaikan kepada siswa.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian menggunakan analisis faktor dengan teknik exploratory factor analysis (EFA). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu, sedangkan untuk sampel merupakan siswa kelas IX yang terdiri dari 4 kelas dan jumlah total 100 orang yang berada di usia remaja awal. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa skala kontrol diri dalam penggunaan gadget (smartphone).

            Hasil analisis faktor menemukan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap kontrol diri dalam penggunaan gadget (smartphone) yaitu faktor ketertarikan sebesar 71,2% sedangkan faktor terendah yaitu motivasi diri dan ekstrakulikuler sebesar 47,8%. Maka Ha diterima yang artinya ada faktor kontrol diri dalam penggunaan gadget (smartphone).Dari hasil tersebut, harapannya guru BK dapat memberikan layanan dengan metode yang sesuai secara optimal untuk mencegah maupun mengatasi permasalahan terkait kontrol diri dalam penggunaan gadget.

 

Kata kunci : kontrol diri, gadget, remaja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v6i2.4281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677