PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENGEMBANGAN SELF ESTEEM (HARGA DIRI) PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 32 SEMARANG

Dais Arich Sifiana, Supardi Supardi, Agus Setiawan

Abstract


Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah kondisi self esteem siswa kelas VII SMP Negeri 32 Semarang yang rendah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap pengembangan self esteem siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen melalui metode penelitian True Experimental Design dengan model Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah jumlah 271 siswa. Kelas VII G adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout sebanyak 30 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 20 siswa kelas VII C yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala self esteem. Berdasarkan hasil analisis data uji t diperoleh thitung = 4,723. Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yaitu 2,101. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung = 4,723 > ttabel = 2,101. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap pengembangan self esteem siswa kelas VII SMP Negeri 32 Semarang” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap self esteem siswa.

Kata Kunci : Self esteem (harga diri), bimbingan kelompok, teknik role playing


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v6i2.4282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677