STRATEGI GURU DALAM PENANGANAN KESULITAN BELAJAR DISLEKSIA

imam faizin

Abstract


Fenomena kesulitan belajar disleksia pada saat ini mulai menarik perhatian dunia pendidikan. Kesulitan belajar disleksia merupakan kesulitan membaca yang disebabkan oleh gangguan otak yang berakibat pada kemampuan berbahasa anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu guru pengajar dan siswa disleksia, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu : Dalam proses pembelajaran anak disleksia disamakan dengan anak normal, memberikan dampingan khusus di dalam kelas oleh guru, menggunakan media pembelajaran yang menarik. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi siswa beresiko disleksia kelas yaitu : labilnya emosi anak, kurangnya perhatian yang diberikan oleh orang tua, waktu bermain lebih banyak daripada waktu untuk belajar. (3) ciri-ciri anak yang mengalami kesulitan belajar disleksia yaitu : lambat menulis dan membaca, bingung membedakan huruf b dan p, dan sering salah mengucapkan kalimat.


Keywords


Kesulitan Belajar, Disleksia

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono, 2012, Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Arini, Aquila Tanti, 2003, Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Pemecahannya, Yogyakarta: Kanisius. Baihaqi, MIF dan M. Sugiarmin, 2008, Memahami dan Membantu Anak ADHD, Bandung:PT. Refika Aditama. Dewi, Ketut Mirani Kusuma, 2012, Dyslexia and Efl Teaching and Learning: A Case Study in Bali Children Foundation, Singaraja-Bali. Denpasar: Jurnal Pendidikan Bahasa Undiksha. Fanu, James Le, 2009, Deteksi Dini MasalahMasalah Psikologi Anak, terj. Oleh Irham Ali Saifuddin, Yogyakarta: Think. Jamaris, Martini, 2014, Kesulitan Belajar: Perspektif,Asesmen,danPenanggulangann ya. Bogor: Ghalia Indonesia. Moleong, Lexy J., 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, 2010, Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbinganterhadap Kesulitan Belajar, Yogyakarta: Nuha Litera. Munawaroh, Madinatul dan Novi Trisna Anggrayani, Prosiding: Mengenali Tanda- Tanda Disleksia pada Anak Usia Dini, Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta. Pujosuwarno, Sayekti, 1992, Penulisan Usulan dan Laporan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Lemlit IKIP Yogyakarta. Santoso, Hargio, 2012, Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Gosyen Publishing. Services, Hull Learning, 2004, Supporting Children with Dyslexia, London: David Fulton Publishers. Sisiarto, Lily Djoko Setia, 2007, Perkembangan Otak dan Kesulitan Belajar Pada Anak, Jakarta: UI-Press. Sulhan, Najib, 2006, Pembangunan Karakter Pada Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif, Surabaya: SIC. Widyorini, Endang, dkk., 2017, Disleksia (Deteksi, Diagnosis, Penanganan di Sekolah dan di Rumah), Jakarta: Prenada Media. Wood, Derek, dkk., 2007, Kiat Mengatasi Gangguan Belajar, Jogjakarta: Kata Hati




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v7i1.5632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Empati-Junal Bimbingan dan Konseling Indexed by:

   


Copyright of Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling ISSN 2406-8691 (Print), ISSN 2581-0677 (Online)

Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: dinirakhmawati@upgris.ac.id

View Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats