Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Resiko Perilaku Seksual Pranikah Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Media Genre Kit

Durotun Mahfudzoh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa tentang resiko perilaku seksual pranikah pada siswa kelas X MIPA-2 SMA N 1 Balapulang semester I tahun pelajaran 2019/2020 melalui layanan bimbingan klasikal dengan media GenRe KIT. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA-2 yang berjumlah 35. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) yang terdiri dari 2 siklus, di mana tiap siklusnya terdiri dari : 1) Planning, 2) Action, 3) Observation dan 4) Reflection. Hasil penerapan layanan bimbingan klasikal dengan media GenRe KIT dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang resiko perilaku seksual pranikah pada siswa kelas X MIPA-2 SMA N 1 Balapulang tahun pelajaran 2019/2020. Hasil pemahaman siswa pada siklus I rata-rata kelas sebesar 65,43 meningkat jadi 75,14 pada siklus II, sedangkan prosentase tuntas belajar klasikal pada siklus I sebesar 62,86%  meningkat  menjadi  88,57% pada siklus II.

Keywords


Pemahaman Siswa, Layanan Bimbingan Klasikal, Media GenRe KIT

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Al-qardlawi, Yusuf. 2006. Sesungguhnya Engkau Semulia Bidadari. Yogyakarta : DIVA press Anni, Catharina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional. 2004. Remaja Mengenal Dirinya. Semarang : Pemprov Jateng

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Kabupaten Tegal. 2017. Panduan Penggunaan GenRe KIT. Tegal: BKKBN

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Pemahaman. Sumber internet: http://Jeniramandani.blogspo t.com/2019/09/artikel.html (di unduh 5 September 2019)

Kemdikbud Dirjen GTK, 2016. Sumber BelajarPenunjang PLPG 2016 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud Dirjen GTK

Kolektor Kartono, K. 2003. Patologi Sosia1. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Nursalim, Mochamad dkk. 2010. Media Bimbingan Dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press

Oktaviani, Diana. 2015. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi terhadap Perilaku Seksual

[VOLUME 7, NOMOR 1, APRIL (2020)

Pranikah pada Siswa Kelas XI-IPS 1 SMA Negeri Kerjo Kabupaten Karanganyar. Semarang: UNNES Rahmawati, Septi. 2011. Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Resiko Perilaku Seksual Pranikah Melalui Layanan Informasi dengan Media Visual di Kelas VIII SMP Negeri 4 Purbalingga. Skripsi. Semarang: UNNES Sarwono. S. W, 2003. Psikologi Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sarwono. S. W, 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persad Soetjiningsih. 2006. Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya. Jakarta :Sagung Seto Sugandi, Achmad dkk. 2006. Teori Pembelajaran.Semarang: Univesitas Negeri Semarang

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABE




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v7i1.5634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Empati-Junal Bimbingan dan Konseling Indexed by:

   


Copyright of Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling ISSN 2406-8691 (Print), ISSN 2581-0677 (Online)

Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: dinirakhmawati@upgris.ac.id

View Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats