EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA KELAS XI SMK MATARAM SEMARANG

Dwi Ajeng Pangesti

Abstract


Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya interaksi sosial antar teman sebaya. Adapun tujuan  yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan interaksi sosial siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik simulation games pada siswa kelas XI SMK MataramSemarang.Jenis penelitian adalah kuantitatif.Metode yang digunakan adalah true eksperiment, sampel yang diambil 28 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan uji-t diperoleh hasil thitung (8,44) dan ttabel diperoleh pada taraf signifikan 5% sebesar 2,056. Maka thitung lebih besar dari ttabel. Maka dapat disimpulkan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulation Games  Efektif untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya Siswa Kelas XI SMK MataramSemarang.

Keywords


Bimbingan kelompok, teknik Simulation Games, Interaksi Sosial Teman Sebaya

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Astuti,Dini (2013) “Meningkatkan

Kemampuan Interaksi Sosial Melalui

Layanan Bimbingan Kelompok Pada

Siswa Program Akselerasi SD

Hj.Isriati Baiturrahman 01 Semarang.

Jurnal Unnes Abstrak. Diakses 24

September 2018 pukul 16.00 melalui

https://lib.unnes.ac.id/17213/

Majid, Abdul. 2014. Strategi

Pembelajaran. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Prayitno dan Amti, Erman. 2008. Dasar

Dasar Bimbingan dan Konseling.

Jakarta: PT Asti Mahasatya

Prayitno dan Amti, Erman. 2017.Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Sartika, Widia.dkk. (2013) “Masalah-Masalah Interaksi Sosial Siswa DenganTeman Sebaya Di Sekolah”. Jurnal Ilmiah Konseling. 2, 141-145.Diakses 24 September 2018 pukul 16.00 diakses melalui http://repository.unp.ac.id/9161/1/5_A_WIDIA_%20SARTIKA_04271_1123_2013.pdf

Soekanto, Soerjonono dan Sulistyowati, Budi. 2014. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v7i1.5730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Empati-Junal Bimbingan dan Konseling Indexed by:

   


Copyright of Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling ISSN 2406-8691 (Print), ISSN 2581-0677 (Online)

Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: dinirakhmawati@upgris.ac.id

View Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats