PENGARUH BIMBINGAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM TERHADAP PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA

Tinton Estu

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang signifikan dari bimbingan sosil dengan menggunakan media film terhadap peningkatan interaksi sosial siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan interaksi sosial dalam kehidupn sosialnya. Variabel yang digunakan ada dua yaitu layanan bimbingan sosial dengan menggunakan media film sebagai variabel bebas (X) dan kemampuan berinteraksi sosial siswa sebagai variabel terikat (Y).Jenis penelitian kuantitatif, metode penelitian Pra Eksperimental, rancangan penelitian one group pretest-posttest design, populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI SMA sampling yang digunakan claster sampling. teknik pengumpulan data diperoleh melalui skala psikologis, instrument yang digunakan skala interaksi sosial, uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, perhitungan, uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha, teknik analisis data menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan media filem, menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada koefisien 5%, yang diperoleh selisih hasil treatmen, pretest dan posttest. Adapun hasil pretest 58,47 dan posttest 71,12. Jadi 71,12-58,47 = 12,64.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji t setelah diadakan perhitungan maka dihasilkan thitung 6,938 > ttabel 2,110. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari layanan bimbingan sosial dengan menggunakan media filem untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas XI SMA pada taraf signifikan 5%.

Keywords


Bimbingan sosial, media film, interaksi sosial.

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Gunarso,D. Singgih. 2007. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: Gunung Mulia.

Tohirin. 2007. Bimbingan Dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers

Ahmadi Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumali Agus, Ali Sarlian M. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial. Surakarta: Yudisthira.

Yusuf, Syamsu, Juntika Nur Ikhsan. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PPS UPI

Sadiman, S. Arief dkk. 2009. Media Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada Hallen A. 2005. Bimbingan dan Konseling. Padang: Quantum Teaching Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurnia Anwar. 2010. IPS Terpadu SMP Kelas VII. Surakarta: yudisthira.

Suwardi. 2010. Bimbingan dan konseling 1 untuk SMA/ MA kelas X. Surakarta: Yudisthira.

Arikunto, Surhasimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: PT. Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2006. Penyusunan Skala Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Soegeng, 2006.Dasar-dasar Penelitian Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Sugiyono. 2010. Stastistika untuk Penenlitian, Bandung: Alfabeta.

Luth, Nursal dan Fernandez, Daniel. 2000. Sosiologi 1. Jakarta: PT Galaxy Pupa Mega.

Baswori. 2005. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalila Indonesia.

Damanik, Fritz, H.S. 2010. Sosiologi SMA/MA kelas X. Jakarta: PT BumiAksara.

Nursal dan Daniel. 2000. Sosiologi 1 Untuk SMU Kelas 2. Jakarta: PT Galaxy Puspa Mega.

Sukarno, Anton. 2003. Pengantar Statistik. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Sudarman, Danim. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Kustandi dan Sutjipto (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada Press. Sukardi, Dewa Ketut dan Nila Rahmawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineke Cipta.

Sukiman. 2011. Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: pedajogja. Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi penelitian. Jakarta: PT. Grafindo persada Walgito, bimo. 2005.

Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: C.V Andi Offset. Sukarno, Anton, 2003. Pengantar Statistik. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Amir Hamzah Sulaeiman, Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan,

dan Penyuluhan, (Jakarta: PT. Gramedia, 1985)

Bimo, Walgito. (2001). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek).

Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D), Bandung: Alfabeta.

Sumadi Suryabrata. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v7i1.5732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Empati-Junal Bimbingan dan Konseling Indexed by:

   


Copyright of Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling ISSN 2406-8691 (Print), ISSN 2581-0677 (Online)

Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: dinirakhmawati@upgris.ac.id

View Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats