KEHAMILAN YANG TIDAK DI INGINKAN

Tinarti Tinarti

Abstract


Pada saat ini banyak sekali menemui kejadian atau kasus kehamilan pada remaja, bahkan kasus tersebut paling banyak dialami pada saat para remaja putri belum menikah alias hamil di luar nikah. Padahal, kehamilan di usia muda memiliki resiko yang tinggi , tidak hanya merusak masa depan remaja yang bersangkutan, tetapi juga sangat berbahaya untuk kesehatannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik bersifat alamiah maupun rekayasa manusia, yang lebih memperhatikan mengenai karakteristik, kualitas, keterkaitan antar kegiatan melalui observasi dan wawancara. Responden dalam penelitian ini sejumlah 10 orang tua yang memiliki anak yang mengalami kehamilan remaja. Hasil penelitian menunjukan orangtua yang memiliki remaja sudah sebagian mengetahui bagaiamana tentang kehamilan tidak diinginkan Pengasuhan yang diterapkan orang tua terhadap anak-anak dominan otoriter dengan cara menyuruh anak bekerja keras sejak kecil tanpa pertimbangan resiko yang terjadi. Usia orangtua berpengaruh pada bentuk pengasuhan yang diterapkan terhadap anak mereka. Semakin tua usia ayah maka semakin matang perkembangan yang akan di stimulasi kepada anak-anak mereka. Ibu yang cenderung berusia muda kurang paham akan perkembangan anak mereka, karena mereka menerapkan kebiasaan yang biasanya di lakukan oleh keluarga mereka saat kecil.

Kata Kunci: Remaja, kehamilan.


Keywords


Remaja, kehamilan.

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Adianingsih (2010.Body Image Remaja Dalam Konsep Bio Psikologi Dalam Pangan dan Gizi. Fakultas Ilmu Gizi Masyarakat. Universitas Hasanudin Makasar

Apriani. 2016. Gambaran Pemgetahuan remaja Putri Tentang kehamilan remaja di SMA N 1 pulung Ponorogo Apriani,

A., Deny, E. W. dan Wijayanti, 2016. Hubungan antara Pengetahuan tentang Risiko Kehamilan Remaja di Luar Nikah dengan Sikap terhadap Hubungan Seksual Pranikah.

Jurnal Kesmadaska Ayu, S. M. dan Tri, K., 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Putri tentang Aborsi dengan Sikap Remaja terhadap Aborsi di SMA N 2 Kediri Jawa Timur.Unnes Journal of Public Health.Arikunto, S., 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi vi. Yogyakarta : Rineka Cipta

Aziza, N. dan Amperaningsih, Y., 2014.Determinan Kehamilan pada Remaja di Wilayah Kerja Puskesmas Natar Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Keperawatan, 10(1), hal. 143– 153.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2008). Psikologi Remaja Edisi Revisi.Jakarta : Raja Grapindo Persada. Soetjiningsih.(2011). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya.Jakarta : Sagung Seto.

Sulistyawati, 2012. Asuhan Kebidanan pada Masa Kehamilan.Jakarta: Salemba Medika.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

WHO, 2012.The World Health Report 2011.http://www.who.int./whr/2010/ en/index.html Akses 3 Janua




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v7i1.5744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Empati-Junal Bimbingan dan Konseling Indexed by:

   


Copyright of Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling ISSN 2406-8691 (Print), ISSN 2581-0677 (Online)

Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: dinirakhmawati@upgris.ac.id

View Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats