Meningkatkan Kreatifitas Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas X-9 SMAN 15 Semarang Tahun 2015

Hayu Ningsih

Abstract


Penelitian ini berlatarbelakang bahwa kreativitas belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi peningkatan kreativitas belajar siswa melalui layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik mind mapping. Berpijak dari permasalahan tersebut, maka peneliti berasumsi bahwa penggunaan teknik mind mapping melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kreativitas belajar pada siswa kelas X?óÔé¼ÔÇ£9?é?á SMA Negeri 15 Semarang Tahun 2015. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas belajar melalui layanan penguasaan konten perlu menerapkan teknik mind mapping. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X-9 SMA Negeri 15 Semarang Tahun 2015 yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket (kuesioner) untuk mendapatkan data siswa selama penelitian siklus I dan siklus II berlangsung. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik kualitatif dengan analisis elaborasi yakni setiap tahap datanya dirangkai sedemikian rupa sebelum dirangkai dengan tahap lainnya.

Hasil penelitian pada siklus 1 dan 2 menunjukkan bahwa penggunaan teknik mind mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar pada siswa. Perolehan angka pada siklus 1 dan 2 terjadi peningkatan yang signifikan yakni dari 191 menjadi 360 atau diprosentase dari 25,65 % menjadi 88,48 %.?é?á Begitu pula dari hasil observasi pada siklus 1 dan 2 terdapat peningkatan yang berarti yakni dari 680 naik menjadi 850, atau dari rata-rata 68,00 (68,00 %) naik menjadi rata-rata 85,00 (85,00 %). Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar melalui layanan penguasaan konten dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik mind mapping pada siswa kelas X?óÔé¼ÔÇ£9?é?á SMA Negeri 15 Semarang Tahun 2015.

Kata kunci : kreativitas belajar, penguasaan konten, teknik mind mapping


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v3i1%20April.986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677