Menghindari Keterlambatan Masuk Sekolah Melalui Bimbingan Kelompok Kepada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Pati Tahun pelajaran 2013/2014

Su biyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektifitas Bimbingan Kelompok sebagai salah satu upaya mengatasi keterlambatan bagi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014.Untuk menjabarkan tujuan penelitian tersebut dibahas melalui kajian teori dan kajian lapangan, yaitu dengan mengadakan layanan bimbingan kelompok.Hasil yang diharapkan dengan diadakannya bimbingan kelompok yaitu agar keterlambatan masuk sekolah secara bertahap semakin berkurang dan akhirnya tidak ada yang terlambat.

Penelitian dilakukan selama 3 (tiga) bulan yaitu dari bulan Januari 2014 sampai Maret 2014.Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) ini hanya memeriksa dan melaporkan masalah yang terkait dengan keterlambatan siswa, yaitu pada kelas XI.IPA Tahun Pelajaran 2013/2014.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK).Metode penelitian komperatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif komparatif?é?á menunjukkan bahwa keterlambatan dari kondisi awal, siklus I, dan siklus II meningkat. Hal ini ditampilkan?é?á pada siwa yang terlambat pada kondisi awal yang rata-rata 3 kali terlambat sebelum bulan Januari 2014 sebanyak sepuluh (10) siswa. Setelah siklus I keterlambatan menurun menjadi siswa (5) siswa dan setelah siklus II keterlambatan menjadi 2 siswa.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasannya bimbingan kelompok dapat meningkatkan kesadaran siswa mengatur waktu sebaik-baiknya sehingga keterlambatan menjadi sangat kecil.

Saran yang peneliti berikan bagi guru-guru, menghadapi siswa terlambat perlu penangan khusus, bukan sekedar diberi sanksi. Karena kenyataannya sanksi tidak membuat siswa jera, akan tetapi diajak ikut mencari solusi pemecahan. Karena keterlambatan dilakukan oleh banyak siswa maka layanan bimbingan kelompok merupakan bentuk pelayanan yang paling tepat.

?é?á

Kata Kunci: Terlambat masuk sekolah, Bimbingan kelompok


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v3i1%20April.993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677