Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Pantomim Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri Siswa SMK Negeri 1 Sayung

Rizalul Fikri, Desi Maulia, Tri Hartini

Abstract


Penelitian Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Pantomim Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri?é?á Siswa SMK Negeri 1 Sayung ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa belum mempunyai kepercayaan diri yang disebabkan oleh faktor pada dalam diri, keluarga, lingkungan, teman sebaya maupun sekolah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi experimental dengan model nonequivalent control design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler teater dengan jumlah 20 siswa. Sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Try out diberikan kepada siswa yang mengikuti ekstrakulikuler teater berjumlah 20 siswa yang mempunyai masalah kepercayaan diri. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala kepercayaan diri. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas instrument adalah korelasi antara butir dan skor yang dikerjakan dengan korelasi Product Moment sedangkan untuk menguji reliabilitas adalah rumus Alpha dari Cronbach. Hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif dan sign test wilcoxon dengan taraf signifikan 5%.

Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil rata-rata pre-test sebesar 43,8 untuk kelompok eksperimen, dan 44,5 untuk kelompok kontrol. Hasil rata-rata post-test sebesar 56,1 untuk kelompok eksperimen, dan 48,9 untuk kelompok kontrol. Sebelum diberi treatmen dan setelah diberi treatmen. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kepercayaan diri dari hasil pre-test dan post-test yang rendah dan sedang menjadi kepercayaan diri yang tinggi. Hasil analisis data dengan sign test wilcoxon kelompok eksperimen diperoleh nilai Thitung 44 dan Ttabel 8 dengan taraf signifikan 5%, sehingga Thitung>Ttabel yaitu 44> 8. Sedangkan hasil analisis data dengan sign test wilcoxon kelompok control diperoleh nilai Thitung sebesar 33 dan Ttabel 8 dengan taraf signifikan 5%, sehingga Thitung>Ttabel yaitu 33> 8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik pantomim efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa SMK Negeri 1 Sayung.

Kata Kunci: bimbingan kelompok teknik pantomim, kepercayaan diri.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/empati.v3i1%20April.997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung

e-ISSN : 2581-0677