EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 TAMAN

Via Yustitia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan pemecahan masalah pada materi aljabar siswa yang mendapat pembelajaran TGT dengan pendekatan saintifik; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapat pembelajaran TGT dengan pendekatan saintifik dengan yang mendapat pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Taman. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling diperoleh dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan uji t dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapat pembelajaran TGT dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada yang mendapat pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranTGT dengan pendekatan saintifik lebihefektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Taman pada materi aljabar.


Full Text:

pdf


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats