ANALISIS KEMAMPUAN REPESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Abstract
Representasi merupakan bentuk komunikasi gagasan atau ide terhadap suatu masalah yang digunakan siswa dalam menemukan solusi dari suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendiskripsikan representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika kontekstual ditinjau dari gaya belajar visual, (2) untuk mendiskripsikan representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika kontekstual ditinjau dari gaya belajar auditori, (3) untuk mendiskripsikan representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika kontekstual ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket gaya belajar, tes representasi matematis, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIIIB MTs Nurul Amin Plosorejo. Subjek penelitian yaitu 6 siswa terdiri dari 2 siswa gaya belajar visual, 2 siswa gaya belajar auditori, dan 2 siswa gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki gaya belajar visual mampu menggunakan representasi grafik atau gambar serta menggunakan persamaan ekspresi atau representasi simbol aritmatika dan subjek mampu dalam menggunakan kata-kata atau bahasa, (2) kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki gaya belajar auditorial mampu menyelesaikan semua soal, menggunakan representasi grafik atau gambar serta menggunakan persamaan ekspresi atau representasi simbol aritmatika dan subjek kurang mampu dengan kata-kata atau bahasa.(3) kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki gaya belajar kinestetik mampu menggunakan representasi grafik atau gambar, serta mampu menggunakan persamaan ekspresi atau representasi simbol aritmatika, tetapi subjek kurang mampu menuliskan permasalahan tersebut dengan kata-kata atau bahasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi lingkaran berbentuk soal kontekstual ditinjau dari gender. Numeracy, 5(1), 19-28.
Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica.
Ayuningrum, E. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas Xi Man 1 Trenggalek.
Bobby Deporter. 2010. Quantum teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas). Bandung : Penerbit Kaifa.
Bruner,J.S.,&Kenny,H.J.(1965).Representation and mathematics learning. Monographs of the Society for Research in Chil Development,30(1),50-59.
DEVIANA, D., & PRAMARTHA, I. N. B. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICI Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Kognitif. E-Jurnal Matematika, 9(1), 51-56.
E.Ayuningrum. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Trenggalek.
Gilbert Febrian Marulitua Sinaga, A. H. (2015). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Fungsi Kuadrat Di Sma.
Hidayah, F. N., Kusumaningsih, W., & Prasetyowati, D. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 329-338.
Hudoyo .2001. Mengembangkan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika. FMIPA UM Malang.
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85-99.
Hwang, W.Y., Chen, N.S., Dung, J.J., & Yang, Y.L. 2007. “Multiple Representation Skills and Creativity Effects on mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System”. Educational Technology & Society. Vol. 10(2): hal. 191-212.
Klara, B., Prihatin, I., & Haryadi, R. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 1 SENGAH TEMILA. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(2), 303-313.
Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.
Ramadhana, B. R., Prayitno, S., Wulandari, N. P., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 46-59.
Rohmah, A. S., & Rohaeti, E. E. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pendekatan Kontekstual. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1).
Rosita, M., Shodiqin, A., & Prasetyowati, D. (2020). Profil komunikasi matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 163-178.
Sabirin, Muhamad. 2014. Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari.
Setyawati, R. D. (2020). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Efficacy. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 220-235.
Wijayanto, M. T., Purwosetiyono, F. D., & Prasetyowati, D. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Word Problem Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 37-47.
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.11866
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.