MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PACE PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR

Jajo Firman Raharjo

Abstract


Pembelajaran merupakan faktor yang esensial dalam mencapai tujuan pendidikan. Sudah seharusnya merupakan proses yang mengantisipasi dan pengupayaan perbaikan mutu di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dengan model Project, Activity, Cooperative and Exercise (PACE) yang efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir matematis dan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Selain itu, juga untuk mengetahui pengaruh keaktifan dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap kemampuan berpikir aljabar dengan pendekatan saintifik model PACE.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen berbentuk pre-experimental design dengan one group pretest-postest.Instrumen dalam penelitian ini berupa tes yang digunakan untuk mengukur keefektifan pendekatan saintifik model PACE untuk mengembangkan kemampuan berpikir aljabar dan kemandirian belajar matematis pada mata kuliah struktur aljabar. Disamping itu juga diberikan lembar pengamatan keaktivan dan kemandirian belajar mahasiswa. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Ketuntasan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik model PACE dalam mengembangkan kemampuan berpikir aljabar dan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar, 2) Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik model PACE efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir aljabar dan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar dan 3) keaktifan, kemandirian belajar mahasiswa berpengaruh terhadap kemampuan berpikir aljabar mahasiswa pada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik model PACE  mata kuliah struktur aljabar.

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik. Disajikan dalam Pelatihan Kurikulum 2013. IKIP PGRI Semarang, 30 juli 2013.

Lee, Carl. 1999. An Assesment of the PACE Strategi for an Introduction Statistic Course. USA:Central Michigan University.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Problem Solving in School Mathematics. Missouri: NCTM.

Ridwan.(2007). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula.Bandung: Alfabeta.

Silaban, Bajongga. 2006. Implikasi konstruktivis terhadap Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Darma Agung Vol IX No.01/Januarai/2016.STT Telkom.

Sudjana. 1992. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana. N. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono.1999. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sulthon. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan Konstruktivis dalan Pendidikan Bagi anak Usia Dini.Jurnal Vol.1 No.1 juli-desember 2013. IKIP Pontianak.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIPMat



JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats