PENGEMBANGAN STRATEGI PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA MANDA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP

Noviana Dini Rahmawati, Achmad Buchori, Bhihikmah Bhihikmah

Abstract


Penelitian R & D dengan model Plomp ini bertujuan untuk mengembangkan stargei pembelajaran sunda manda bagi siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase validasi strategi permainan sunda manda sebesar 92,15% yang berarti kategori strategi permainan sunda manda sangat layak. Sedangkan kepraktisan ditunjukkan dengan persentase yang diperoleh 97,3% yang artinya sangat baik dan sangat layaksehingga dapat disimpulkan bahwa strategi permainan sunda manda praktis dapat digunakan.melalui nilai rata-rata pretes yaitu 51,5625 dan postes yaitu 79,1935, serta respon siswa yang diperoleh skor 78,45% sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi permainan sunda manda efektif untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Adib, Asrori. (2009). Psikologi remaja, karakteristik dan permasalahanya, (Jurnal Elektronik), diakses 13 Desember 2015 ; netsain.com.html

Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta.

Ahvan Y, R dan Hossein Z, P. ( 2016). The correlation of multiple intelligences for the achievements of secondary students. Educational Research and Reviews. Vol.11. No.141-145. February 2016

Ali & Asrori. (2009). Psikologi Remaja Pengembangan Peserta Didik, Edisi 6. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Andang, Ismail. (2006). Educatioin Games.Yogyakarta: Pilar Media.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. (2011) Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Baskoro, Edi, Prio., (2006). Arti Penting Pendidikan Matematika dalam KTSP. Seminar Nasional Himka STAIN Cirebon.

Faruq M. Muhyi. (2007). 60 Permainan Kecerdasan Kinestetik. Jakarta: Grasindo.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Bandung

Hurlock, E.B. (2003). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima (Terjemahan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.

Hurlock B, E. (2013). Perkembangan Anak Jilid 1, Edisi keenam (Terjemhan oleh Meitsari Tjadrasa, dan Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

Huizinga, Johan. (1990). Homo Ludens: Fungsi dan Hakekat Permainan Dalam Budaya. Jakarta: LP3ES

Ismail Andang. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Iswinarti. (2007). Permainan Anak Tradisional sebagai Model Peningkatan Kompetensi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. Malang. Lembaga Penelitian UMM.

Iswinarti. (2010). Nilai-Nilai Terapiutik Permainan Tradisional Engklek Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Jurnal). Universitas Muhammadiyah Malang.

Kartono, Kartini. (1995). Faktor yang Mempengaruhi Remaja dan Perilakunya. Bandung: Alfabeta.

Kartini Kartono (1995). Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.

Latief, Adnan. 2010. Penelitian Pengembangan. Laporan Bahan Pengembangan. Malang: Universitas Negeri Malang

Latifah, M. (2008), Karakteristik Remaja, Child Development Copyright © 2009 All Rights Reserved. Hosted by Edublogs, [29 Desember 2015]

L, Zulkifly. (2003). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.

Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Martiningsih Wibowo, Sutji. (1995).Perilaku Remaja dan Pola Asuh Orang Tua. Jakarta.

Monks, F.J, Dr., dan Dr. A.MP. Knoers. (2006). Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Muhyi, Mohammad Faruq. (2007). 60 Permainan Kecerdasan Kinestetik. Jakarta: Grasindo.

Munanadar, Utami. (2006). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyadi, Seto. (1997). Bermain itu Penting. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Gramedia.

Permana, Aditya. Perancangan Multimedia Interaktif Permainan Tradisional "Sondah / Engklek". Universitas Komputer Indonesia, (PPT).

Plomp, T. (1997). Educational and Training System Design. Enschede Univercity of Twentw Netherlands.

Rahardjo, B. (2007). Aplikasi Teori Bermain Untuk Anak Usia Sekolah. Dalam Didaktika [Online], Vol 8 (3), 12 halaman. Tersedia: http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/8307260271.pdf

Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdikarya.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamti, Endang Rini. (2011). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta. FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryosubroto, B. (2010). Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudrajat, Akhmad. (2008), Problema Masa Remaja, Copyright © 2007-2009 Akhmad Sudrajat : Lets Talk About Educatiom. [9 Desember 2015]

Sujianto, Agus. (1996). Psikologi Perkembangan, Surabaya: Rineka Cipta.

Tadjab. (1994). Ilmu Jiwa Pendidikan. Surabaya : Karya Abdi Tama.

Tedjasaputra, Mayke S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, B. (2002). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Adi (Edisi 3)

Wardani, Dani. (2009). Bermain Sambil Belajar. Edukasia: Yogyakarta.

Winarsunu, Tulus. (2006). Statistik: Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIPMat



JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats