BUDAYA KEDIRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS ETNOMATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK)

Nur Khalimah, Khoyimatul Isti Farin, Miftakhul Nikmah, Khomsatun Ni’mah, Jatmiko Jatmiko

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan LKS berbasis etnomatematika melalui pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen diantaranya lembar penilaian oleh ahli media dan ahli materi, serta angket siswa. Luaran yang diharapkan berupa modul LKS matematika berbasis etnomatematika melalui pendekatan saitifik, sehingga dapat diketahui hasil kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Fatchuliah, Ana. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Tingkat SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri malang.

Islamiah, Alfiah. 2016. Etnomatematika Transaksi Jual Beli yang Dilakukan Pedagang Sayur pada Lingkup Masyarakat Berbahasa Jawa (online), http://frepository.unej.ac.id, diakses pada 28 Juli 2016.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran (online), http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang mulyatiningsih-mpd/7pengembangan-model-pembelajaran.pdf, diakses pada tanggal 28 Juni 2016.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suhardi, D. 2014. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Sumarno, Alim (2012). Perbedaan Penelitian dan Pengembangan. (onlin), http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alimsumarno/perbedaan-penelitian-dan-pengembangan, diakses pada 16 Juni 2016.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi pustaka.

Van den Akker J. (1999). Principles and Methods of Development Research. Pada J. van den Akker, R.Branch, K. Gustafson, Nieven, dan T. Plomp (eds), Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 1-14). Dortrech: Kluwer Academic Publishers.

Zein, M dan Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Daulat Riau: Pekanbaru.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIPMat



JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats