KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DALAM MEMECAHKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

Moh. Hasanuddin, Moch. Lutfianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) siswa kelas XI IPS tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini mengunakan penelitian deskriptif dengan  pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberian angket dan tes yang berupa soal penyelesaian masalah. Hasil  menunjukan bahwa siswa IPS yang memiliki tingkat AQ tinggi dan  AQ sedang cenderung tidak putus semangat dalam menyelesaikan masalah dan terus mencoba dengan beberapa cara yang dia miliki, sedangkan untuk siswa yang memiliki AQ rendah cenderung  malas dan kurang mampu untuk menyelesaikan masalah sedang dalam kekreatifan yang dimiliki oleh ketiganya adalah hampir sama, namun  perbedaan yang sangat menonjol adalah letak usaha yang dimiliki oleh ketiga siswa tersebut. Oleh karena itu diperlukan upaya guru untuk memberikan soal berbasis masalah dan menganjurkan kepada siswa untuk selalu berusaha dalam menyelesaikannya.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. 2013. Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) Dengan Task Commitment Dalam Menyelesaikan Tugas Laporan Praktikum Laboratorium Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2014 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makasar: UIN Aluddin Makasar.

Aif, A., Sunardi., & Lestari, N. D. S. 2013. Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya untuk Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas IX 1 SMP Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Pancaran. 2(1). hal 119-132.

Aziz, A.,dkk. 2014. Proses Bepikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer-Briggs Siswa Kelas Viii Mts Nw Sura Laga Lombok Timur. jurnal elektronik pembelajaran matematika. 2(10) hal 1079-1093.

Evans, J.R. 1991. Creative thinking in the Decision and Mangement sciences. Dallas: Collage Division South- Western Publishing Co.

Hudoyo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.Malang. Universitas Negeri Malang.

Hwang, W.Y., Chen, N.S., Dung, J.J.,& Yang, Y.L. 2007. Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. International Forum of Educational Technology & Society Journals. 10(2), hal 191-212.

Indra, K, dkk 2017 Roses Berpikir Kreatif Siswa Climber Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Peluang. Jurnal elektronik pemebelajaran matematika. 3(6) hal 599-612

Isna, N.L.F, dkk 2013 Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. Jurnal pendidikan matematika, 1(1) hal 75-89

Iwan S. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berpikir Holistik & Kreatif. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum.

Khodijah, N. 2006. Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Kiky, F, dkk. 2015 Pelevelan Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VII F SMP Negeri 10 Jember dalam Memecahkan Masalah Matematika Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Segitiga dengan Menggunakan Tahapan Wallas. Artikel ilmiah mahasiswa, 1(1) hal 1-6

Mujib, dkk. 2017. Evaluasi Proses Berpikir Kreatif Berdasarkan Model Wallas Bagi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Aljabar: Jurnal pendidikan matematika, 8(1) hal 1-11

Pehkonen, E. & Helsinki.1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity, ZDM. Analyses. 29 (3). hal 63-67

Stoltz, P.G. 2007. AQ faktor penting dalam meraih sukses. jakarta PT Grasindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Wallas, G. (2014). The art of thought. England: Solis Press




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats