Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK

Rizcky Dwi Maulana Kurnia, Irma Mulyani, Euis Eti Rohaeti, Aflich Yusnita Fitrianna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kemandirian belajar dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dan analisis data korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Mutiara Qolbu Cianjur. Adapun sampel yang digunakan adalah sampel tak acak, yaitu 30orang siswa kelas XII TKJ 2 di SMK Mutiara Qolbu Cianjur. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa soal kemampuan komunikasi matematis, angket kemandirian belajar dan angket self efficacy d. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi ganda, dengan kriteria data tersebut berdistribusi normal dan linier. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis; adanya hubungan antara self efficacy terhadap kemapuan komunikasi matematis; adanya hubungan antara kemandirian belajar dengan self efficacy; dan adanya hubungan antara kemandirian belajar dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Besar pengaruh kontribusi yang diberikan kemandirian belajar dan self efficacy terhadap komunikasi matematis sebesar 51,55%.


Full Text:

PDF

References


Afgani D, J. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Universitas Terbuka: Jakarta.

Fahradina, N. Ansari, B., I., Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 1. No. 1. (54-64)

Handayani, F dan Nurwidawati, D. (2013). Hubungan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Character. Vol. 01. No. 02.

Hendriana, H., Rohaeti, E.,E., Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: Aditama.

Kurnia, R., D., M, dan Fitrianna, A., Y. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Baris dan Deret di SMK Mutiara Qolbu Cianjur.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol.5. (633-641). ISSN 2338-8315

Muklis, Y. M., dan Sanhadi, K. C. D. (2016). Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I). Prosiding. (412-419)ISSN: 2502-6526

NCTM. (2000). Curriculum and Evaluation Standards for Scool Mathematics. [online] http:// www.nctm.org




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats