PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIC SMPN 2 LAHAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R

Ramlan Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menelaah prestasi belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran SQ3R, (2) untuk menelaah aktivitas belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran SQ3R. Subjek peneitian adalah siswa SMP Negeri 2 Lahat kelas VII.C tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 15 siwa dan 16 siswi. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan skor aktivtas siswa dari rata-rata 20,5 kategori aktif menjadi 27 kategori sangat aktif, (2) terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari rata-rata 64,5 menjadi 70,97 dan peningkatan ketuntasan klasikal dari 76,4% menjadi 81,25%. Peneliti menyarankan agar waktu yang digunakan siswa dalam berdiskusi diatur agar kegiatan tersebut efektif. Temuan penelitian ini dalam pembelajaran siswa terlihat dapat menyampaikan ide dan gagasannya secara terstruktur dan sistematis ketika sedang berdiskusi dan presentasi. Model pembelajaran SQ3R juga meningkatkan motivasi siswa untuk membaca yang berarti mendukung gerakan lterasi sekolah.


Full Text:

PDF

References


Agusri, M., Husna, H., & Harisman, y. 2013. Pengaruh Penerapan Metode SQ3R Disertai Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Delvita, D. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, 2(1)

Effendi, R. 2016. Model Pembelajaran SQ3R Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Siswa. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 109-118.

Firmansyah, D. T., Zaenuri, Z., & Mulyono, M. 2012. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa SMP Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2).

Maryani, N. 2011. Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Strategi SQ3R. Tesis pada SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats