PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN DASAR

Ratna Septia Lestari, Euis Eti Rohaeti, Ratni Purwasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar yang di tinjau dari gaya belajar dan kemampuan dasar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngamprah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas IX SMP Negeri 2 ngamprah. Hasil data menunjukan bahwa hasil skor presentase tiap indikator diperoleh bahwa kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan dasar, yaitu: kelompok atas dengan rata-rata 69% lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata nilai ulangan pada materi bangun ruang sisi datar yaitu sebesar 80%, kelompok menengah dengan rata-rata 67% lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata nilai ulangan pada materi materi bangun ruang sisi datar yaitu sebesar 77%, dan kelompok bawah dengan rata-rata 57% lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata nilai ulangan pada materi materi bangun ruang sisi datar yaitu sebesar 75%.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Anggraeni I.S , Khabibah S. (2014). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 103-117.

Banihashemi, S.S.A. (2003). Connection of Old and New Mathematics on Works of Islamic Mathematician with a Look to Role of History of Mathematics on Education of Mathematics. Informing Science.

Linto, R.L., Elniati, S., & Rizal, Y. (2012). Kemampuan koneksi matematis dan metode pembelajaran quantum teaching dengan peta pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83-87.

NCTM (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM.

Sariningsih R, Purwasih R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Meninngkatkan Kemampuan Masalah Matematis da Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1),164.

Sari, I.P., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6 (1), 39-46.

Ramlah,R., Bennu, S., & Paloloang, B. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Di Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 182 – 194.

Romli, M. (2014). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan Sma Dengan Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 145-157.

Sumarmo, U. (2003). Daya dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Makalah disajikan pada Seminar Sehari di Jurusan Matematika ITB.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika , 6(1), 63 –73.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats