IDENTIFIKASI DISPOSISI MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII SMP

Rima Ari Mastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi  disposisi matematis siswa dalam pembelajaran Socrates kontekstual. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Negeri 3 Kedungwaru. Data penelitian ini merupakan data kualitatif deskriptif mengenai disposisi matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Indikator disposisi matematis adalah kepercayaan diri, kegigihan dan ketekunan, fleksibel, dan keingintahuan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan terhadap data. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran Socrates kontekstual dapat memunculkan disposisi matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Dikmenum. Depdiknas

Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education, ed. 7. Avenue of Americas, New York : Mc Graw Hill Companie, Inc

Mahmudi, Ali. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis (Makalah Disposisi pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika).

Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Natalia. 2013. Menumbuhkan Keberanian Siswa untuk Aktif dalam Pembelajaran.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.8 Juli 2003.Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Warman, Dewi. 2013. Hubungan Percaya Diri Siswa dengan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS di SMA N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang. Februari 2016.

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi-Bandung:UPI




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats