KORELASI KECERDASAN NUMERIK DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

Nurul Hidayah, Mardhiana Ifadhotu Rohmah

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang simultan serta signifikan antara kecerdasan numerik dan pemahaman konseptual terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Ash-Shufi pada materi segi empat dan segitiga. Penelitian dilakukan di MTs Ash-Shufi tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel 1 kelas yang terdiri dari 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Analisis data pada penelitian ini yang pertama adalah menggunakan uji normalitas. Setelah data dinyatakan berdistribusi normal uji selanjutnya adalah uji korelasi sederhana melalui korelasi Product Moment dari Pearson. Uji yang terakhir digunakan adalah uji korelasi ganda. Dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 diperoleh nilai probabilitas (sig.F change) pada tabel sebesar 0,005. Karena nilai sig.F change 0,005 < 0,05, maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, kecerdasan numerik dan pemahaman konseptual berhubungan secara bersama-sama (simultan) dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Ash-Shufi pada materi segi empat dan segitiga.


Full Text:

PDF

References


Susanto, Ahmad (Eds.). 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Suparno, Paul. 2008. Teori Inteligensi Ganda. Yogyakarta: Kanisius.

Buzan, Tony. 2003. Head First 10 Cara Memanfaatkan 99% dari Kehebatan Otak Anda yang Selama Ini Belum Pernah Anda Gunakan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Murizal, Angga, dkk (Eds.). 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching, 1(1), 19.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats