PENGGUNAAN BLOK PECAHAN PADA MATERI PECAHAN SEKOLAH DASAR

Ari Indriani

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menggunakan blok pecahan pada materi pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan blok pecahan  pada materi pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.  Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bejirejo dengan jumlah 18 siswa, dan tempat penelitiannya berada di SD Negeri Bejirejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan untuk data kuantitatif adalah analisis data dengan menggunakan persentase (%).   Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa antusias untuk mengikuti proses pembelajaran dan ada 13 siswa (72,223%) yang mempunyai nilai di atas KKM. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan blok pecahan pada materi pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar adalah baik

Full Text:

PDF

References


Annisah, Siti. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1),1-15.

Dahniar, I Nyoman Murdiana, & Sukayasa. 2016. Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SD Negeri 6 Tolitoli dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Kreatif Taduko Online, 4(3), 165-177.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Harsikah. 2016. Penggunaan Alat Peraga Pada Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, & Humaniora, 2(3), 249-254.

Imelda, Sri E & Damianus Dao Samo. 2017. Lintasan Pembelajaran Pecahan Menggunakan Matematika Realistik Konteks Permainan Tradisional Siki Doka. Jurnal Mosharafa, 6(3), 311-322.

Kadima, Mustami, & Dasa Ismaimuza. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas IV SDN Balayon Kecamatan Liang. Jurnal Kratif Tadulako Online, 2(2), 205-210.

Kania, Nia. 2018. Alat Peraga Untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 2(2), 1-12.

Malla, Jamhur. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan Dan Urutannya Dengan Media Pita Transparansi Pada Mata Pelajaran Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2), 206-213.

Mulyani, Sri. 2013. Pembelajaran Matematika Dengan Alat Peraga Papan Berpasangan. E-jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Vol 5, 1-11.

Nur, Ismiati H, Jenny IS P, Djaelani. 2013. Penggunaan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan Sederhana. PGSD FKIP universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rahmawati, Nandiasa. Media Pengenalan Konsep Dasar Pecahan Melalui Buku Cerita “Balok-Balok Es Poyo” Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Tingkat Sarjana Seni Rupa & Desain, No 1, 1-10.

Robiyanto. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Alat Peraga Persegi Pecahan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 17 Tahun Ke-5, 1678-1686.

Rusmawati. 2017. Penggunaan Alat Peraga Langsung Pada Pembelajaran Matematika Dengan Materi Pecahan Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(2), 307-314.

Setiawan, Irvan. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas III SD Negeri Bendungan III Dengan Alat Peraga. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 3 Tahun 5, 214-226.

Setyowati, Nining, Bambang Eko S, Masrukan. 2016. Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Materi Peluang. Jurnal Kreano, 7(1), 24-30.

Sitanggang, Ahmadin. 2013. Alat Peraga Matematika Sederhana Untuk Sekolah Dasar. Medan: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidika (LPMP) Sumatra Utara.

Subadi. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Metode STAD Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(1), 11-18.

Sudarwanto, dan Ibnu Hadi. 2014. Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Jurnal Sarwahita, 11(1), 32-37.

Sukayati dan Agus Suharjana. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran Di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Suwardi, Masni Erika F, dan Rohayati. 2014. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-305.

Tri, Dyah W & Raddin Nur Shinta. 2017. Pelatihan Media Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar Di Gugus 9 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi, Vol 14, 8-11.

Wikipedia bahasa Indonesia. 2017. Sekolah Dasar. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/sekolah_dasar

Zabeta, Mewa, Yusuf Hartono, & Ratu Ilma I. 2015. Desain Pembelajaran Materi Pecahan Menggunakan Pendekatan PMRIDI Kelas VII. Jurnal Beta, 8(1), 86-99.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats