PROFIL GENERALISASI BERDASARKAN PERSPEKTIF SEMIOTIK SISWA OPERASIONAL KONKRET DAN OPERASIONAL FORMAL

Mu'jizatin Fadiana, Siti Amin, Agung Lukito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses generalisasi berdasarkan perspektif semiotik pada siswa operasional konkret dan operasional formal. Material semiotik yang akan dianalisis meliputi, gestur, ucapan dan tulisan. Penelitian kualitatif eksploratif ini dilaksanakan di salah satu SMP swasta  di Tuban Jawa Timur Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa Kelas VII yang berada pada tahap operasional konkret dan operasional formal. Subjek dipilih dengan menggunakan instrument GALT (Group of Assessment of Logical Thinking). Data dikumpulkan dengan think aloud, yaitu saat menyelesaikan tugas generalisasi pola, siswa menyatakan proses berpikirnya secara lisan. Selain itu, juga dilakukan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa operasional konkret melalui tiga tahapan proses generalisasi, sedangkan siswa operasional formal melalui empat tahapan proses generalisasi. Tahapan membuktikan kebenaran rumus umum tidak dilakukan oleh siswa operasional konkret. Siswa operasional konkret menyatakan produk generalisasi dalam bentuk kalimat sederhana berdasarkan pada konteks gambar yang dilihat, sedangkan siswa operasional formal menyatakan produk generalisasi dalam bentuk aljabar simbolik.


Full Text:

PDF

References


Alibali, M. W., & Nathan, M. J. 2007. Teachers’ gestures as a means of scaffolding students’ understanding: Evidence from an early algebra lesson. Dalam R. Goldman, R. Pea, B. Barron, & S. J. Derry (Eds.), Video research in the learning sciences. 349–365. Mahwah, NJ: Erlbaum.

Blanton, M. L. & Kaput, J. J. 2011. Functional Thinking as a Route Algebra in the Elementary Grade. Dalam Cai, Jinva & Knuth, Eric (Eds.), Early Algebraization: A Global Dialogue from Multiple Perspectives. New York: Springer Heidelberg Dordrecht.

Ernest, Paul. 2006. A Semiotic Perspective of Mathematical Activity: The Case of Number. Educational Studies in Mathematics. 61:67-1001.

Fadiana, Mu’jizatin. 2016. Strategi Generalisasi Pola Siswa SMP Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Matematika X Tahun 2016. Semarang : FMIPA Universitas Negeri Semarang

Fadiana, M., Amin, Siti., & Lukito, A. 2017. Generalization of Visual Pattern. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(6)(III), 29-32

Healy, L., & Hoyles, C. 1996. Seeing, doing and expressing: An evaluation of task sequences for supporting algebraic thinking. Dalam L. Puig & A. Gutierrez (Eds.), Proceedings of the 20th International Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 3, pp. 67-74). Valencia, Spain.

Inganah, S. & Subanji. 2013. Semiotik dalam Proses Generalisasi Pola. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika V. FMIPA Universitas Negeri Malang. 27-30 Juni. ISBN: 978-602-97895-8-4. Hal. 431-438.

Mason, J. 1996. Expressing generality and roots of algebra. Dalam N. Bednarz, C. Kieran, & L. Lee (Eds.), Approaches to algebra (pp. 65–86). Dordrecht: Kluwer.

Minderovic, Z. 2001. Logical Thinking. Encyclopedia of Psychology, April 2006. [Online] tersedia:http//findarticles.com/p/article/mi_g2600/ix_is_0005/ai_269000536/ ?tag-content;coll, diakses 13 April 2016

Orton, A. 1999. Pattern in the teaching and learning of mathematics. London: Cassel.

Orton, A. & Orton, J. 1999. Pattern and the Approach to Algebra. Dalam A. Orton (Ed.) Pattern in the Teaching and Learning of Mathematics (pp. 104–120). Cassell, London.

Presmeg, N. 2006. Research on visualization in learning and teaching mathematics: Emergence from psychology. Dalam A. Gutiérrez & P. Boero (Eds.), Handbook of research on the psychology of mathematics education (pp. 205-235). Dordrecht: Sense Publishers.

Radford, L. 2003. Gestures, speech and the sprouting of signs. Mathematical Thinking and Learning, 5(1), 37-70.

Radford, L. 2002. The seen, the spoken and the written. A semiotic approach to the problem of objectification of mathematical knowledge. For the Learning of Mathematics, 22(2), 14-23.

Resnik, M.D. 2005. Mathematics as a science of mathematics. Oxford: University Press

Roadrangka, V., Yeany, R. H., & Padilla, M. J. 1982. GALT, Group test of logical thinking. University of Georgia, Athens, GA.

Tikekar, V.G. 2009. Deceptive patterns in mathematics. International Journal Mathematic Science Education, 2(1), 13-21.

Zazkis, R & Liljedahl, P. 2002. Generalization of patterns: The Tension Between Algebraic Thinking and Algebraic Notation. Educational Studies in Mathematics, 49, 379-402.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats