PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN TAKSONOMI BLOOM REVISI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SMP BERMOTIVASI BELAJAR TINGGI DAN RENDAH

Nur Alamsyah, Retno Nengsih, Arfatin Nurrahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan taksonomi terhadap pemecahan masalah matematika, perbedaan  pengaruh motivasi belajar terhadap pemecahan masalah matematika, dan  perbedaan pengaruh interaksi bersama pembelajaran matematika dengan pendekatan taksonomi dengan motivasi belajar siswa terhadap pemecahan masalah matematika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII  SMPN 18 Jakarta tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 60 siswa melalui simple random sampling.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes bentuk esai dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data dengan metode statistik deskriptif yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf  kesukaran dan daya beda. Uji statistik dipergunakan uji anava dua jalur dengan treatment by level. Sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa: (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diberikan pendekatan taksonomi bloom revisi dengan pendekatan taksonomi SOLO, (2)terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki motivasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi rendah, (3)terdapat pengaruh interaksi yang siginfikan antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa


Full Text:

PDF

References


Aspriyani, Riski. 2017. Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPPM vol.10.No.1. 17-23

Effendi, Ramlah. Konsep Revisi Taksnomi Bloom dan Implementasinya pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.2 No.1. 72-78.

Gunawan, Imam dan Aggraini Retno Palupi. 2008. https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2008/revisi-taksonomi-bloom.pdf. Diakses pada 5 Mei 2017.

Herliani, 2016. Penggunaan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) Pada Pembelajaran Kooperatif Truth and Dare dengan Quick on the Drwa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa pada Biologi SMA. Proceeding Biology Education Conference, Vo. 13(1)¸232-236.

Ningsih, Rita. Arfatin Nurrahmah. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif 6(1) 73-84.

Novianti, D. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dengan Gaya Belajar Tipe Investugatif dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII. Artikel Ilmiah, FKIP Universitas Jambi.

Nurrahmah, dkk.2016.Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Melalui Model Polya ditinjau dari Kemandirian Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. FTMIPA Unindra. 20 Agustus 2016.333-343.

Ruseffendi, ET. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito

Waruwu,F.E.2006.Belajar dan Motivasi, Bagaimana Mengembangkan Motivasi Internal. Jurnal Provitae. Vol.2, No.2, November Tahun 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats