DISKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PONDOK

Jatmiko Jatmiko, Dian Devita Yohanie

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pondok dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Penelitian ini untuk melihat bagaimana kemampuan komunikasi siswa pondok yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Subyek penelitian ini adalah siswa pondok yang juga bersekolah di SMP Wahidiyah Kediri. Subjek di ambil satu orang siswa perempuan dan satu orang siswa laki-laki dari SMP Wahidiyah, kedua subjek juga sebagai santriwati di Pondok Kedonglo Al Munadhdhoro. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan memiliki komunikasi matematis yang lebih baik dari pada siswa laki-laki. Karena subjek perempuan mampu memenuhi smua indikator dalam komunikasi matematis, sedangkan subjek laki-laki kurang memahami Konsep Luas Permukaan Dan Volume Prisma Untuk Menyelesaikan Masalah Subjek, sehingga hanya mampu memenuhi tiga dari empat indikator komunikasi matematis.

Kata kunci : komunikasi matematis, santri pondok, gender


Full Text:

PDF

References


Asikin, M. 2001. Komunikasi Matematika dalam RME. Disajikan dalam seminar nasional Realistic Mathematics Education (RME). Di Universitas Sanata Darma yogyakarta 14-15 November 2001.

Baroody. A.J. 1993. Problem Solving, Reasoning, and Communicating. New York: Macmillan Publishing

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Fakih, Mansour.2013.Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Gross, JJ. dan Thompson, RA. 2007. Emotion Regulation: Conceptual Foundation. Handbook of Emotion Regulation, (eds.) James J. Gross. New York: Guilford Publications.

Jatmiko (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Putri SMP Wahidiyah Kediri Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran (SEMDIKJAR) II Tahun 2018. Kediri. 4 Agustus 2018

Moleong, L.J., 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Reenes, C. & Schulman, L. (1996). "Communication Processes in Mathematical Explorations and Investigations". In P. C. Elliott and M. J. Kenney (Eds.). 1996 Yearbook. Communication in Mathematics. K-12 and Be.vond. USA: NCTM.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tandaliling, (2011),. Peningkatan Pemahaman dan Komunikasi Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Melalui Strategi PQ4R dan Bacaan Refutation Text. Disertasi SPs.UPI Tidak diterbitkan

Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infiniti: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 1(1), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats