PENGEMBANGAN MULTIMEDIA GEOMETRI BERBASIS TEORI BERPIKIR VAN HIELE GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V

Nurita Primasatya, Jatmiko Jatmiko

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan merancang multimedia geometri yang disesuaikan dengan tahapan yang ada pada proses berpikir van Hiele sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD. Indikator berpikir kritis yang digunakan pada penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi yang relevan, menyusun alternatif pemecahan masalah, dan membuat kesimpulan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang hanya sampai pada tahap development. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia geometri berbasis teori berpikir van Hiele dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Meteri geometri yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi luas dan keliling lingkaran. Hasil dari uji kelayakan produk menyatakan bahwa produk multimedia geometri ini valid, praktis, dan efektif.

Kata Kunci : pengembangan, multimedia, geometri, teori berpikir, van Hiele, berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


Ennis, Robert H. 1987. Taxonomy of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Teaching Thinking Skill. New York: Freeman.

Facione, P.A., 2009. Critical Thinking: What It Is and Why It Count. The California Academy Press.

Hakim, Lukman & Fatmaryanti, Siska Desy. 2018. Studi Pendahuluan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Etnosains Fotografi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Proceeding of The URECOL, (Online), tersedia di http://repository.urecol.org.

Kemendiknas. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta : Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mclntyre, Richard Nicholas Ian. 2017. Analyzing Geometry in Classroom Mathematics and Mind Action Series Mathematics Textbook Using van Hiele Levels. Repository, (Online), http://wiredspace.wits.ac.za, diunduh 1 Juni 2018.

Meltzer, D.E. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains In Physics: A Possible “Hidden Variable” In Diagnostic Pretest Scores, Am J Phys, 70(12): 1259 – 1268.

Nugraha, Albertus NC. &Muhtadi, Ali. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1) : 16-31.

Primasatya, Nurita & Ahdhianto, Erif. 2017. Pengembangan Modul Geometri Berbasis Teori Berpikir van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Ed-Humanistics, 2(2) : 225 – 231.

Solaiman, Normalah P., Magno, Sonny N., & Aman, Jocelyn P.. 2017. Assessment of The Third Year High School Student’s van Hiele Levels of Geometric Conceptual Understanding in Selected Secondary Public School in Lanao del Sur. Journal of Social Sciences, 6(3): 603-609.

Suarsana, I.M. & Mahayukti, G.A. 2013. Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2) : 264 – 275.

Syahbana, Ali. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir kritis Matematis siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Edumatica, 2(1) : 45 – 57.

Sya’afi. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Naskah Publikasi, (Online), tersedia di http://eprints.ums.ac.id, diunduh 1 juni 2018.

Tyaningsih, Ratna Yulis & Primasatya, Nurita. 2016. Mengembangakan Disposisi Berpikir Kritis Siswa pada Materi Menggambar Grafil Fungsi Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Dikma Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2) : 176 – 190.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats