EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN LECTORA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Rasiman Rasiman, Etika Rozana, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran concept attainment dan guided discovery berbantuan Lectora terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Quasi Eksperimental Design di kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Analisis pada penelitian ini dengan membandingkan nilai kemampuan pemahaman konsep saat posttest pada masing-masing kelas yang di teliti, yaitu pada kelas Eksperimen 1, Eksperimen 2, dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian data awal yang dihitung menggunakan uji anava satu jalur dengan taraf signifikan 5% dan regresi linier sederhana. Hasil dari perhitungan penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yangmenggunakan model pembelajaran concept attainment berbantuan lectoradan guided discoveryberbantu lectora dan model pembelajaran konvensional. 2) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran concept attainment dan berbantuan lectora lebih baik dari model pembelajaran konvensional. 3) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran guided discoveryberbantuan lectora lebih baik dari model pembelajaran konvensional. 4) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran concept attainment berbantuan lectoradan guided discoveryberbantu lectora mencapai KKM. 5) Terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran concept Attainment berbantuan lectora dan guided discovery berbantu lectora.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.Jakarta: Direktorat Jenderal ManajemenPendidikan Dasar danMenengah.

Hesti, Lina. 2017. Efektifitas Antara Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dengan Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII. Skripsi. Universitas PGRI Semarang

Kintoko, dkk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Dengan Lectora Authoring Tools pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.3 No.2,167-178.

Kiswandi. 2013. Studi Komparasi Antara Pembelajaran Concept Attainment dan Model Pembelajaran Cognitive Growth untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP 4 Gringsing Pada Materi Pokok Segi Empat. Unnes Journal Of Mathematics Education. UJME 2 (3). 15-20.

Khoiriyah, Ulul. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Guided Discovery dan Group Investigation Berbantu Pocket Book Terhadap Kemamuan Pemahamn Konsep Matematika Siswa SMP. Skripsi. Universitas PGRI Semarang.

Murizal, Angga. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1. No 1. 19-23.

Prahestin, Setya. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Mengenal Komponen Elektronika Siswa Kelas X Program Keahlian TKJ SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas. Jurnal Teknik Elektro. Vol 1. No 2. 1-11.

Romadhan, Akbar dkk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 4. 451-456.

Slamet, Agus. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan Lesson Studi Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. UIN Raden Intan Lampung. 6 Mei 2017.

Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.

Sulistiyowati, Nastiti. 2012. Efektivitas Model Pmebelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry in Education Journal Chem in Edu. Vol 2. No 1. 50-55.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.3042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats