PENERAPAN PEMBELAJARAN ENTREPRENEUR BERBASIS MATEMATIKA

Lusi Rachmiazasi Masduki, Eem Kurniasih

Abstract


Di Indonesia masih banyak pengangguran dan makin kecil peluang untuk mendapatkan pekerjaan bagi para lulusan sekolah. Diperlukan inovasi pengajar dalam pembelajaran untuk menumbuhkan karakter siswa seperti kerja keras, tanggung jawab, ulet, jujur, dan sebagainya, dalam karakter tersebut bisa dirangkum sebagai karakter kewirausahaan. Karakter kewirausahaan perlu ditumbuhkan pada setiap siswa untuk membentuk jiwa wirausaha, sehingga dapat mewujudkan pembangunan ekonomi dan membuka lapangan kerja sendiri. Untuk membangun karakter kewirausahaan melalui internalisasi dalam kehidupan, pembelajaran di sekolah dibutuhkan suatu kajian yang komprehensif mengenai potensi dari mata pelajaran matematika yang diajarkan kepada siswa. Pembelajaran Entrepreneur berbasis matematika dapat menjadi solusi dalam menanamkan karakter kewirausahaan kepada siswa melalui pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika secara tidak langsung memiliki nilai-nilai kewirausahaan salah satu contohnya materi aritmatika yang dapat mengenalkan siswa mengenai prinsip jual-beli, untung dan rugi.

Full Text:

PDF

References


Dwijayanti, Ida. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Socio Humanism. JIPMAT vol.1, nomor 1 April 2016.

Endang, Mulyani dkk. (2008). Model Pusat bisnis di SMK dalam Mendukung Pengembangan Entrepreneur Muda Indonesia. Laporan Kajian. DPSMK.

Garjito, Dany. 2014. Berani Berwirausaha. Yogyakarta: Akmal Publishing

Himmatul, Ulya, Afit Istiandaru. (2016). Permainan Pasaran Dalam Pembelajaran Matematika Materi Aritmetika Sosial Untuk Menumbuhkan Karakter Kewirausahaan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 88-93.

Irianto dan Kamil. (2005). Buku Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Acarya Media Utama.

Justin, G. Longenecker. 2011. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Kirzner, I. (1973). Competition and Entrepreneurship. Chicago: University of Chicago Press.

Leonardus, Saiman. 2009. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat

Machali, Imam (ed). 2012. Pendidikan Entrepreneurship Pengalaman Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah dan Universitas, Yogyakarta: Tim Penelitian Program Pengembangan Bakat Minat dan Keterampilan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Muthahhari, 2012. Islam dan Tantangan Zaman. Jakarta.

NCTM. (2014). Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All. Tersedia di www.nctm.org.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. PISA. OECD Publishing.

Patta. 2006. Penilaian Ketrampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Putu, Aditya Antara. (2012). Pembelajaran Entrepreneurship yang Realistik. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, 1-13.

Rahayu, dkk. (2017). Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia. JIPMAT vol. 2, No. 2 Oktober 2017.

Siswono, T.Y.E. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang diselenggarakan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tanggal 24 November 2012. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setiawan. (2004). Aritmetika Sosial. Diakses tanggal 16 Februari 2019 dari p4tkmatematika.org/downloads/smp/Arsos.pdf.

Suherman, Eman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:PT Indeks.

Suryana. 2001. Kewirausahaan. Jakarta : Salemba Empat.

--------. 2009. Kewirausahaan: Pedoman, Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widiyarto, S., & Ati, A. P. 2018. Penerapan English Communication Skill Pada Siswa SMP. Abdimas Siliwangi, 1(2), 75-80.

www.ciputraentrepreneurship.com. 2014. Inilah Sembilan Karakter Wirausaha. Diakses pada tanggal 01 Mei 2019 pukul 17.30 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIPMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

    

 


Copyright of JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391  

Creative Commons License
JIPmat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIPMat Stats