ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ALJABAR SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH POLA BILANGAN

Sigit Raharjo, Barra Purnama Pradja, Dian Istiqomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan penalaran aljabar siswa dalam pemecahan masalah pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tangerang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes dikelompokan menjadi tiga kelompok yaitu tinggi, sedang dan rendah. Setiap kelompok diambil masing-masing 1 siswa untuk dijadikan responden. Hasil menunjukkan bahwa kelompok dengan kategori kemampuan tinggi berada pada karakteristik dan tingkat penalaran aljabar yang lebih tinggi dari tingkat 1 namun belum mencapai ke tingkat 2, kategori kemampuan sedang berada pada karakteristik dan tingkat penalaran aljabar tingkat 1 dan dengan kategori kemampuan tinggi berada pada karakteristik dan tingkat penalaran aljabar tingkat 0

Keywords


Penalaran Aljabar, Pemecahan Masalah, Pola Bilangan

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2015). Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendikia.

Adnan, M.R. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aljabar Kelas VII MTs Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makasar.

Andriani, Parhaini. 2015. Penalaran Aljabar Dalam Pembelajaran Matematika. [Jurnal]. [diunduh: 2018 Sep 22]. Tersedia pada: https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/download/20/14/ .

Gulo, W. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: Percetakan PT Gramedia.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kusumaningtyas, S.I, dkk. 2017. “Pemecahan Masalah Generalisasi Pola Siswa Kelas VII SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent.” Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 8(1): 76-84. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/download/6994/6363 (diakses 17 Desember 2018)

Lestari, E.D. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Marion, Zulkardi, &Somakim. 2015. “Desain Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan model Jaring Laba-Laba di SMP.” Jurnal Kependidikan 45(1): 44- 61. https://media.neliti.com/publications/139603-ID-desain-pembelajaran-pola-bilangan-menggu.pdf (diakses 19 November 2018)

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Murdiyani, N.M. (2013). Makalah PPM Workshop Pemecahan Masalah Matematika Pada Topik Aritmetika Bagi Guru-Guru SMP di Yogyakarta. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta.

Nuraini, Latifah, Imam Sujadi dan Sri Subanti. 2016. “Penalaran Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati Dalam Pemecahan Masalah Matematika Tahun Pelajaran 2014/2015.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(6): 674- 683. https://media.neliti.com/media/publications/122196-ID-penalaran-aljabar-siswa-kelas-vii-smp-ne.pdf (diakses 17 November 2017)

Rezki, N.L. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Pasar Kemis. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Riadi, E. (2014). Metode Statistika Parametrik & NonParametrik. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.

Ribkyansyah, F.T. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Statistika. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Rosita, N.T. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Ajabar Mahasiswa. November 26, 2018. Diakses dari http://www.widyasari-press.com/index.php?option=com_content&view=article&id=960:analisis-kemampuan-penalaran-aljabar-mahasiswa&catid=107:vol-18-no-6-desember-2016-seri-ii

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulistiyanto, R. (2018). Profil Penalaran Aljabar Siswa SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. http://repository.ump.ac.id/7630/2/RINO%20SULISTIYANTO%20BAB%20I.pdf (diakses 9 November 2018)

Wati, F. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Investigasi Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Materi Bilangan Bulat Di SMP Negeri 3 Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Yusuf, A.M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Penerbit Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.