PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG BERKARAKTER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan pendekatan saintifik dengan pengembangan bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu analyze , design, development, implementation and evaluation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP MMA UISU Medan berjumlah 60 orang. Objek penelitian adalah materi operasi hitung operasi aljabar. Hasil penelitian menunjukkan yaitu: (1) pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik dinyatakan valid oleh validator ahli, selanjutnya praktis ditunjukkan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru diperoleh nilai 4,43 dengan kategori baik dan valid serta respon positif peserta didik dalam menggunakan buku siswa ditunjukkan dengan hasil sebesar 88,68% dan efektifitas bahan ajar yang dikembangan dalam meningkatan pemecahan masalah matematis melalui bahan ajar dengan pendekatan saintifik peserta didik kelas VIII SMP MMA UISU Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada materi operasi aljabar memenuhi syarat dengan ketuntasan sebesar 90%. (2) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis operasi aljabar melalui pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik peserta didik kelas VIII SMP MMA UISU Medan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. Pythagoras, 11(1), 183.
Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelujaran abad 21. Bogor: Ghalia lndonesia.
Irianti, N. P., Subanji, S., & Chandra, T. D. (2016). Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-langkah Polya. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 133-142.
Juhairiah, J., Danaryanti, A., & Sukmawati, R. A. (2018). Pengembangan Buku Siswa dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).
Kurbaita, G., Zulkardi, Z., & Siroj, R. A. (2013). Pengembangan Buku Ajar Matematika Tematik Integratif Materi Pengukuran Berat Benda untuk Kelas I SD. KREANO, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 1-10.
Krulik, Sthepen dan Rudnick, Jesse A. (1995). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Temple University: Boston.
Manibuy, R., & Mardiyana, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire–Papua. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9).
Mardiana, E. (2018, February). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 87-91).
Muhammad, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik.
Polya, G. 1985. How to Solve It. New Jerse: Princeton University Press.
Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran pelangi matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29-37.
Sugesti, I. J., Simamora, R., & Yarmayani, A. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Model Pembelajaran SAVI dan Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kuala Tungkal. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 14-22.
Sugiarti, L. (2018, February). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6871
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.