EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK

Ludfatun Nafiah, Zainuddin Zainuddin, Metty Liesdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan guru mengelola pembelajaran, 2) respon peserta didik, 3)aktivitas peserta didik, 4) ketuntasan belajar dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Terhadap hasil belajar. Penelitian ini berupa kajian atau literatur-literatur sehingga teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mengambil dari jurnal-jurnal yang sesuai dengan judul penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) kemapuan guru mengelola pembelajaran dikatan efektif, 2) respon peserta didik saat proses pembelajaran efektif, 3) aktivitas peserta didik dalam pembelajaran aktif, 4) ketuntasan belajar peserta didik sudah tercapai.


Keywords


model pembelajaran Guided Discovery, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N. (2019, Januari). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTBERBANTUAN LUDO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LEMAHABANG CIREBON). Journal Of Mathematical Science and Mathematics Educations, 01 (01), 165-178.

Aprilia, L., & Mulyaningsih, S. (2014). Penerapan Perangkat Pembelajaran Materi Kalor melalui Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) , 1-5.

dahliana , p., kaldhun, i., & saminan. (2018). Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 06, 101-106.

Fitriyani, P. I., & Supardiyono. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN CONCEPT MAP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Inovasi Pendidikan Fisika, 8, 751-755.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan pembelajaran. Pustaka belajar.

Jalil, H., Danial, M., & Pratiwi, D. E. (2015). Pengaruh Metode Demonstrasi dalam Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 2 Galesong Selatan (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit). Jurnal Chemica, 110-118.

Lestari, W. (2017, Agustus). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP, 2, 64-74.

Lestari, W. (2017). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal SAP, 64-74.

Maulidar, N., Yusrizal, & A. Halim. (2016). PENGARUH PENEREPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DANKETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI KEMAGNETAN. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 69-75.

Mufidah, L., Effendi, D., & Purwanti, T. T. (2013, april). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1, 117-125.

Novitasari, D. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8-17.

Novitasari, L., & Leonard. (2017). PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 758-766.

Risti, N. R., & Sumaji. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran REACT dan GUIDED DISCOVERY LEARNING terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammmadiyah Ponorogo, 11-20.

Susilo, & Farid, A. (2013). Peningkatan Efektifitas pada Proses Pembelajaran . Jurnal MATHE dunesa, 2(1).

Ulumi, D. F., Maridi, & Rinanto, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI, 68-79.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.