ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DITINJAU PEMBELAJARAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATERI MATRIKS

Dzunur Aeni Hanarafa, Paridjo Paridjo, Rizqi Amaliyakh Sholikhakh

Abstract


Tujuan penelitian : (1) mendeskripsikan kemandirian belajarisiswa di kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi, (2) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika siswa di kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi, (3) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika ditinjau dari  kemandirian belajaran siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi pada materi matriks. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pemeriksaan subjektif. Strategi purposive sampling digunakan untuk mengambil subjek penelitian sebanyak 6 siswa, yang terdiri dari 2 subjek dengan kemandirian belajar tinggi, 2 subjek dengan kemandirian belajar sedang dan 2 subjek dengan kemandirian rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan : (1) kemandirian belajar matematika siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi berada pada kategori normal pada klasifikasi sedang dengan jumlah 25 siswa. (2) kemampuan koneksi matematika siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi pada materi matriks berada dalam klasifikasi sedang karena dapat menjawab beberapa pertanyaan dengan memenuhi 3 sampai 4 indikator, (3) kemampuan koneksi dengan kemandirian belajar tinggi dapat memenuhi 4 sampai 6 indikator, kemampuan koneksi matematika dengan kemandirian belajar sedang dapat memenuhi 3 sampai 4 indikator, dan kemampuan koneksi matematika dengan kemandirian rendah memenuhi 1sampai 2 indikator.


Keywords


Analisis Kemampuan Koneksi Matematika; Kemandirian

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hidayati, I. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 01 Kampar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Sua Variabel. 221.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Adhitama.

Miles, M. B., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3 ed.). USA: Sage Publicayions.

NCTM. (2000). Principles And Standart School Mathematics. Reston: VA.

Ponoharjo. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.

Rukajat, A. (2018). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran (edisi kedua). Jakarta: PT Rajagafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor