PERANCANGAN PRESENTASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN COURSELAB DI SMK PEMBINA BANGSA BUKITTINGGI
Abstract
ABSTRAK
Fernandes, 2515074 “Perancangan Presentasi sebagai media pembelajaran menggunakan Courselab di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi”. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Isntitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi.
Berdasarkan observasi penulis di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi diduga kenyataan belajar Simulasi Digital masih terdapat kendala, seperti media visual yang dipakai kurang menarik sehingga kemampuan siswa dalam materi pembelajaran Simulasi Digital menjadi tidak maksimal. media pembelajaran Simulasi Digital dibutuhkan karena siswa ingin melihat secara jelas sistem komputer bukan sekedar gambar saja dalam penjelasan mata pelajaran. Minat belajar siswa kurang semangat, dan juga materi yang disampaikan tidak dapat diserap dengan baik karena media yang digunakan guru kurang menari.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Depvelopment (R&D), yaitu sebuah metode yang digunakan untuk menghasilakan sebuah sistem, Model R&D yang digunakan adalah versi 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate dalam penelitian ini penulis menerapkan model pengembangan multimedia versi Luther-Sutopo. Menurut Luther Sutopo, model model pengembangan multimedia ini terdiri dari enam tahapan, yaitu concept (pengonsepan), design (pendesainan), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (pendistribusian).
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan,peneliti berhasil membuat sebuah media pembelajaran menggunakan aplikasi courselab di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi . Hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli komputer dengan memperoleh nilai rata-rata 0,64 yang menunjukan produk ini valid. Hasil uji dari Praktikalitas, penulis mendapat nilai rata-rata yaitu 88,48 yaitu sangat praktis. Dan pada uji Efektifitas penulis mendapatkan nilai rata-rata 0,87 yaitu sangat tinggi.
Kata Kunci : Perancangan, Media, Pembelajaran, Presentase, Courselab, Metode R&D versi 4D, pengembangan Luther Sutopo
Full Text:
PDFReferences
Hamka, Tafsir Al Azhar Juzu’ XXVIII. jakarta: Pustaka Panjimas, 1985.
Zaenal Arifin, Evaluasi Pembelajaran. bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
D. Arief S. Sadiman, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1997.
Y. Munadi, Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.
B. U. Dkk, Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
I. Binanto, Multimedia Digital, Dasar Teori+Pengembangannya. yogyakarta: Andi Offiset, 2010.
M. B. . DR. Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Pegawai-Karyawan dan Peneliti Pemula, 9th ed. Bandung: Al Fabeta, 2013.
R. R. Hake, Analyzing Change / Gain Scores, Jurnal Ame. USE, 1999.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fer Nandes
Jurnal Informatika Upgris by Program Studi Informatika UPGRIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.