PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA PENCOCOKAN KARTU INDEKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP N 2 PECANGAAN JEPARA
Abstract
Sistem pengajaran yang cenderung monoton yaitu dengan
menekankan pada hafalan-hafalan mengakibatkan minat siswa
untuk belajar IPA-fisika menjadi rendah. Hal tersebut dapat
mengakibatkan hasil belajar siswa rendah pula. Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa, perlu dilakukan upaya
perbaikan pada sistem pengajaran yakni dengan model
pembelajaran aktif menggunakan media pencocokan kartu indeks.
Masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok
bahasan alat optik dengan menggunakan media pencocokan kartu
indeks? Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pada
siswa menggunakan model pembelajaran aktif dengan media
pencocokan kartu indeks. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2
Pecangaan Jepara dan merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E dengan jumlah
42 siswa dalam satu kelas. Sedangkan siswa yang mengikuti
penelitian berjumlah 40 siswa. Data masukan dalam penelitian ini
ada 2 macam, yaitu data kuantitatif yang didapat dari tes dan
observasi serta data kualitatif yang didapat dari angket. Hasil
penelitian menunjukkan siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
menekankan pada hafalan-hafalan mengakibatkan minat siswa
untuk belajar IPA-fisika menjadi rendah. Hal tersebut dapat
mengakibatkan hasil belajar siswa rendah pula. Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa, perlu dilakukan upaya
perbaikan pada sistem pengajaran yakni dengan model
pembelajaran aktif menggunakan media pencocokan kartu indeks.
Masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok
bahasan alat optik dengan menggunakan media pencocokan kartu
indeks? Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pada
siswa menggunakan model pembelajaran aktif dengan media
pencocokan kartu indeks. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2
Pecangaan Jepara dan merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E dengan jumlah
42 siswa dalam satu kelas. Sedangkan siswa yang mengikuti
penelitian berjumlah 40 siswa. Data masukan dalam penelitian ini
ada 2 macam, yaitu data kuantitatif yang didapat dari tes dan
observasi serta data kualitatif yang didapat dari angket. Hasil
penelitian menunjukkan siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v1i1.105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]