PENGEMBANGAN EVALUASI PETA KONSEP MODEL C UNTUK MENGUKUR STRUKTUR KOGNITIF PADA POKOK BAHASAN BESARAN FISIKA
Abstract
Peta konsep disamping untuk proses pembelajaran juga untuk
alat evaluasi namun sampai saat ini masih sedikit para guru
yang menggunakan. Masalah yang muncul: bentuk perangkat
evaluasi peta konsep yang dapat mengukur struktur kognitif
siswa pada pokok bahasan besaran fisika; bagaimana
validitas dan reliabilitas evaluasi peta konsep; gambaran
struktur kognitif siswa pada pokok bahasan pembiasan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh perangkat
evaluasi peta konsep yang dapat mengukur struktur kognitif
pada pokok bahasan pembiasan; menentukan validitas dan
reliabilitas dari evaluasi peta konsep yang dikembangkan;
memperoleh gambaran struktur kognitif siswa pada pokok
bahasan pembiasan. Pengembangan model ini menggunakan
jenis penelitian Research and Development. Nilai validitas
peta konsep tanpa daftar konsep nilai validitas 0,965 dan nilai
rata-rata reliabilitas seorang rater sebesar 0,727.Berdasarkan
hasil analisis data persentase keberhasilan siswa dalam
mengkonstruk konsep secara substansi melalui peta konsep
tanpa daftar konsep dibandingkan soal uraian sebagai
berikut: peta konsep tanpa daftar konsep persentasen per
indikator diikuti persentase pada soal uraian. Hasil analisis
data gambaran struktur kognitif siswa dalam pemahaman
konsep besaran fisika melalui peta konsep tanpa daftar
konsep 81% siswa dapat menentukan proposisi, 84% siswa
dapat menentukan hirarki, 84% siswa dapat menentukan
crosslink, 97% siswa dapat menentukan contoh.
alat evaluasi namun sampai saat ini masih sedikit para guru
yang menggunakan. Masalah yang muncul: bentuk perangkat
evaluasi peta konsep yang dapat mengukur struktur kognitif
siswa pada pokok bahasan besaran fisika; bagaimana
validitas dan reliabilitas evaluasi peta konsep; gambaran
struktur kognitif siswa pada pokok bahasan pembiasan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh perangkat
evaluasi peta konsep yang dapat mengukur struktur kognitif
pada pokok bahasan pembiasan; menentukan validitas dan
reliabilitas dari evaluasi peta konsep yang dikembangkan;
memperoleh gambaran struktur kognitif siswa pada pokok
bahasan pembiasan. Pengembangan model ini menggunakan
jenis penelitian Research and Development. Nilai validitas
peta konsep tanpa daftar konsep nilai validitas 0,965 dan nilai
rata-rata reliabilitas seorang rater sebesar 0,727.Berdasarkan
hasil analisis data persentase keberhasilan siswa dalam
mengkonstruk konsep secara substansi melalui peta konsep
tanpa daftar konsep dibandingkan soal uraian sebagai
berikut: peta konsep tanpa daftar konsep persentasen per
indikator diikuti persentase pada soal uraian. Hasil analisis
data gambaran struktur kognitif siswa dalam pemahaman
konsep besaran fisika melalui peta konsep tanpa daftar
konsep 81% siswa dapat menentukan proposisi, 84% siswa
dapat menentukan hirarki, 84% siswa dapat menentukan
crosslink, 97% siswa dapat menentukan contoh.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v1i2/septembe.113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]