Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah eksperimen fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Siliwangi dengan pelaku penelitian yaitu mahasiswa angkatan 2018 sebanyak 60 mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah eksperimen fisika. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik berupa penyebaran angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah eksperimen fisika dikategorikan baik dengan persentase sebesar 73,7% dan memberikan respon yang baik terhadap R-Phylab sebagai penunjang kegiatan praktikum berbasis remote laboratory.
Kata kunci: Eksperimen Fisika, Pembelajaran Daring, Persepsi.
Full Text:
PDFReferences
Allo M D G 2020 Is The Online Learning Good in The Midst of Covid-19 Pandemic? The Case of EFL Learners Jurnal Sinestesia 10 1-10.
Rofiah R 2021 Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Saat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 dan Solusi Pemecahannya. CONSEILS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 1 51-57.
Surahman E, Santaria R dan Setiawan E I 2020 Tantangan Pembelajaran Daring di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Management 5 89-98.
Handarini O I dan Wulandari S S 2020 Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19 Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8 496-503.
Syarifudin A S 2020 Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5 31-34.
Moore J L, Dickson-Deane C dan Galyen K 2011 e-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They The Same?. The Internet and Higher Education 14 129-135.
Kristina M, Sari R N dan Nagara E S 2020 Model Pelaksanaan Pembelajaran Berani pada Masa Pandemi Covid 19 di Provinsi Lampung Idaarah 4 200-209
Tipler P A 2004 Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1 (Jakarta: Erlangga)
Bambang E J 2002 Petunjuk Praktikum Fisika Dasar I (Jogyakarta: UGM)
Hughes J dan Ferebee I C 1986 Experimental Physics with A Rotation Table (London: Phys Education)
Damari A 2008 Panduan Lengkap Eksperimen SMA untuk Kelas 1, 2 dan 3 (Jakarta Selatan: Wahyu Media)
Nurfadilah N, Ishafit I, Herawati R dan Nurulia E 2019 Pengembangan Panduan Eksperimen Fisika Menggunakan Smarthphone dengan Aplikasi Phyphox Pada Materi Tumbukan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 10 101-107.
Hendra F 2013 Persepsi Mahasiswa terhadap Proses Pembelajaran Kemahiran Bahasa (Mata Kuliah Kemahiran Bahasa Arab di Program Studi Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Al Azhar Indonesia) Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 2 66-86.
Raco J R 2010 Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya (Jakarta: Grasindo)
Gunawan M A 2015 Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial (Yogyakarta: Parama Publishing)
Riduwan 2008 Belajar Mudah untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula (Bandung: Alfabeta)
Telupun D 2020 Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Edutainment untuk Memotivasi Peserta Didik Selama Pembelajaran Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal Syntax Transformation 1 254-262.
Atsani K L G M Z 2020 Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam 1 82-93.
Hadi L 2020 Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Zarah 8 56-61.
Yunus N M dan Syam S 2021 Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Praktikum di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Biogenerasi 6 168-174.
Najmah S, Saehana S dan Sari I N 2019 Deskripsi Kesulitan Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika dalam Melaksanakan Praktikum di Laboratorium. Jurnal Kreatif Online 7 1-10.
Singh G, O'Donoghue J dan Worton H 2005 A Study Into The Effects of eLearning on Higher Education. Journal of University Teaching & Learning Practice, 2 16-27.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i1.11424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]