Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY

Joko Purwanto Purwanto, winarti winarti

Abstract


Abstrak. Berpikir merupakan aktivitas mental untuk membantu memformulasikan atau memecahkan suatu masalah, membuat suatu keputusan, atau memenuhi hasrat keingintahuan. Penanaman kemampuan berpikir kritis menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitan ini adalah 1)untuk mengetahui profil pembelajaran fisika di Madrasah Aliyah se DIY, 2)untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah se DIY. Adapun sampel pada penelitian ini adalah 12 MA yang ada di DIY baik itu yang bertatus Negeri maupun Swasta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) semua MA masih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Center) meskipun sebagian besar Madrasah Aliyah Negeri sudah menerapkan kurikulum 2013 dan belum memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya, 2)kemampuan berpikir kritis siswa MA masih pada kategori rendah.
Kata kunci: berpikir kritis, profil pembelajaran, teacher center

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional 2006 Standar Kompetensi Mata pelajaran Fisika (Jakarta: Puskur)

Departemen Pendidikan Nasional 2004. Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Afektif http://www.depdiknas.go.id/jurnal/40

Agus M 2008 Pembiasaan Berpikir Kritis dengan Pembiasaan Membaca Kritis (Bandung: Artikel-pendidikan) pp 58

Desti H 2010 Profil Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Fisika Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gender Makalah Komprehensif (Surabaya: UNESA)

Mustafa B 2006 Effect Conceptual Change Oriented Instruction on Students Understanding of Heat and Temperatur Concepts Journal of Maltese Education Research vol 4 no 1 2006p 64-79

Andrew P J 2002 The Educational Resources Information Center (ERIC)

Chance P 1986 Thinking in the classroom: A survey of programs (New York: Teachers College Columbia University)

Miles B M dan Huberman 1992 Analisis Data Kualitatif (Jakarta : UI Press)

Nur Mohamad 1991 Pengadaptasian Test of Logical Thingking (TOLT) dalam Setting Indonesia Laporan Penelitian (Surabaya: Lemlit IKIP Surabaya)

Patrick J J 1986 Critical Thinking in the Social Studies (http://ericae.net/edo/ed272432.html)

Beyer B K 1987 Critical thinking: What is it? "Social Education" pp 270-276

Costa A L 1985 Developing minds: A resource book for teaching thinking (Alexandria)

Donovan P, Jeffrey K, Arthur L and Jean B 1992 Clinical Pedagogy: Defining and Measuring the Teaching of Essential and Higher Order Thinking Skills Journal of Personnel Evaluation in Education vol 6 pp 57-70

Ernest P 1991 The Philosophy of Mathemaics Education (New York: The Falmer Press)

Inch S E 2006 Critical Thinking and Communication, The Use of Reason in Argument (Boston: Pearson Education, Inc)

Julie C dan Dorothy H 2007 An Evaluation of a School Programme for the Development of Thingking Skills through the CASE@KS 1 Approach International Journal of Science Education vol 30 no 2 pp 185-202

Marpaung Y 2006 Psikologi Kognitif (Hand Out Perkuliahan UNESA Surabaya)

Mayer R and Goodchild F 1990 The critical thinker (New York: Wm.C.Brown)




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats