Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berkomunikasi Ilmiah pada Kelas X di SMA Negeri 1 Rembang

Ishartanto Qodry, Harto Nuroso, Susilawati Susilawati

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning melalui pendekatan saintifik terhadap kemampuan berkomunikasi ilmiah pada kelas X di SMA Negeri 1 Rembang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rembang, mulai tanggal 2 Februari sampai dengan 7 Maret 2015. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X yang diambil secara acak, untuk menentukan sampel. Terdapat dua kelas sampel yaitu kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X-MIA 4 sebagai kelas kontrol. Data awal diambil dari nilai Ulangan Tengah Semester Gasal dan data akhir dari hasil observasi. Analisis data terdiri dari analisis awal (uji normalitas dan uji homogenitas) dan analisis akhir (uji t- dan uji N-Gain). Hasil analisis akhir uji hipotesis diperoleh thitung (5,3557) > ttabel (1,68) maka Ho ditolak maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning melalui pendekatan saintifik terhadap kemampuan berkomunikasi ilmiah pada kelas X di SMA Negeri 1 Rembang memberikan pengaruh secara siginifikan. Uji N-Gain kemampuan berkomunikasi ilmiah pada kelas eksperimen 0,894 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,624 dengan kategori sedang. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa kelas X SMA N 1 Rembang
Kata kunci: Model PBL, pendekatan saintifik, kemampuan berkomunikasi ilmiah.

Full Text:

PDF

References


Bintari I, Nyoman S dan Ida Bagus P 2014 Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura E-Jurnal Program Pascarsarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan Bahasa vol 3

Darma I W, Sadia I K dan Suma 2014 Studi Komparasi Model Pembelajaran Inkuiri Bebas dan Generatif terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA vol 4

Nurhadi dkk 2003 Pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK (Malang: UM)

Setiani et al Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk PengetahuanAwal yang Berbeda terhadap Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP N 9 Palu Jurnal Pendidikan Fisika Tadulaku (JPFT) vol 2

Wardono 2014 The Realistic Learning Model with Character Education and Pisa Assessment to Improve Mathematics Literacy International Jurnal of Education and Research vol 2(7) pp 361-372

Susanto dan Eko Harry 2010 Komunikasi Manusia: Essensi dan Aplikasi dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik (Jakarta: Mitra Wacana Media)

Warsono M S dan Hariyanto 2013 Pembelajaran Aktif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Sanjaya W 2006 Strategi Pembelajaran Beriorinetasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Sugiyono 2012 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Hayat S dkk, 2011 Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Konsep Invertebrata untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa Bioma vol 2 pp 141-152

Tirtahardja U dan Sulo S L 2005 Pengantar Pendidikan (Jakarta: PT Rineka Cipta)

Setiawan D, Waluya S B dan Mashuri Kefektifan PBL Berbasis Nilai Karakter Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Kelas VII vol 3(1) pp 16-20

Fauziah R, Ade G A dan Dadang L H 2013 Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah vol IX pp 165-178

Moenandir J 2011 Filosofi Metodologi Penelitian dan Komunikasi Ilmiah (UB Press: Universitas Brawijaya)

Risyadi A S dan Mosik 2014 Penerapan Metode Pembelajaran Kooeratif Tipe NHT untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Ilmiah UPEJ (2)

Ekasari N dkk 2014 Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014 JUPE UNS vol 02(03) pp 299-311

Levy O S, Eylon B dan Scherz Z 2008 Teaching Communication Skills in Science Tracing Teacher Change Teaching and Teacher Education vol 42 pp 402-477

Kulsum U dan Nugroho S E 2014 Penerapan Model Pembelajaran Cooperativ Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konep dan Komunikasi Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran Fisika UPEJ vol 3(2) pp 73-78




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats