Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Listrik Statis untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik
Subrata Subrata
Abstract
Abstrak.Dalam pembelajaran di sekolah, metode ceramah masih menempati urutan teratas dalam penyampaian materi pelajaran. Dengan pendekatan ceramah, aktivitas pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga peserta didik pasif dan motivasi belajar peserta didik rendah. Peserta didik menganggap pelajaran IPA sangat sulit difahami, sehingga menyebabkan mereka malas belajar. Hal ini terbukti dari hasil Ulangan Kenaikan Kelas pada kelas VIII pada tahun pelajaran 2010/2011dengan nilai rata-rata kelas 61,88 danketuntasan peserta didik hanya 60 % dengan KKM 70. Diperlukan pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai gagasan pokok untuk memotivasi peserta didik untuk saling membantu dalam menyelesaikan tugas dan siap untuk bekerja mandiri dalam mengerjakan evaluasi.Jika peserta didik sudah termotivasi, maka aktivitas peserta didik dalam pembelajaran meningkat. Peningkatan aktivitas pembelajaran akan berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan kooperatif tipe STAD pada kelas IX C SMPN 15 Semarang pada semester gasal tahun pelajaran 2011/2012, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik meningkat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas pembelajaran sebesar 71,9 %, persentase ketuntasan 87,5 % dan rata-rata kelas 76,38. Kata kunci:aktivitas,kooperatif, motivasi.
Supardianningsih Ashari dan Maftukhi M 2011 Studi Komparasi Antara Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Achievement Division (STAD) dan Team-Accelerated Instruction (TAI) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012 Jurnal Radiasi vol 1 (1) hlm 19 -23
Nurfaidah Rahmawati dan Nurhayati 2011 Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA melalui Model Kooperatif Tipe STAD Jurnal PTK vol khusus hlm 33- 39
Huda M 2011 Cooperative Learning (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Rahmanika T, Hayani N I dan Kaspul 201. Peningkatan Pemahaman Konsep Ekosistem melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 19 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2008/2009 Jurnal Wahana-Bio vol V hlm 69 – 89
Nugroho U, Hartono S dan Edi S Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Ketrampilan Proses Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia vol 5 hlm 108-112
Suwandi Sarwiji 2011 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah (Surakarta: Yuma Pustaka)
Eralita N, Redjeki T dan Hastui B 2012 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Metode Student Teams Achievemen Divisions (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi LKS terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Kelas XI SMA N Kebak Kramat Tahun Ajaran 2011/ 2012 Jurnal Pendidikan Kimia vol 1(1) hlm 59-66
Suhdi, Suprihati T dan Astutik S 2012. Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Menggunakan Model STAD dengan Performance Assesment dalam Pembelajaran IPA Fisika SMPN 1 Wonosari Jurnal Pembelajaran Fisika vol 1(3) hlm 278-284
Karim S, Utari S, dan Utami F R 2012 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kerjasama Siswa Jurnal Pengajaran MIPA vol 17(2) hlm 245-250
Novianti I 2012 Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Jigsaw pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Motivasi Belajar Jurnal Pendidikan vol 13(1) hlm 23-31
Lindarti dkk 2010 Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Konsep Optika Geometris Kelas X SMA Berkala Fisika Indonesia vol 2(2) hlm 29-38