Instrumen Penilaian Keterampilan Kerja Ilmiah pada Pembelajaran Fisika Berbasis Inquiry
Dayu Ariani, Ernawati Saptaningrum, Joko Siswanto
Abstract
Penilaian dalam proses pembelajaran adalah komponen yang sangat penting untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa, sebagai contoh yaitu penilaian keterampilan kerja ilmiah. Maka dari itu perlu dikembangkan suatu instrumen penilaian untuk mengukur keterampilan kerja ilmiah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh kevalidan instrumen penilaian keterampilan kerja ilmiah pada pembelajaran fisika berbasis inquiry. Instrumen tersebut berisi kisi-kisi penilaian, lembar penilaian keterampilan kerja ilmiah, rubrik penilaian, pedoman pemberian skor, lembar penilaian diri serta rekapitulasi nilai keterampilan kerja ilmiah yang telah divalidasi oleh para ahli dan diujicoba. Penelitian ini menggunakan metode R&D dan hasil uji ahli menunjukkan kriteria sangat valid dengan perolehan persentase rata-rata kedua ahli sebesar 87,29%. Instrumen diujicobakan pada 34 siswa SMA kelas XI dan dilakukan oleh 1 orang guru fisika. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa persentase produk yang dikembangkan berdasarkan respon penilaian guru sebesar 97,83% dengan kriteria sangat valid. Hal ini didukung pula dengan keberhasilan pembelajaran yang mencapai persentase 94,44% pada pertemuan pertama, kemudian pada pertemuan kedua sebesar 88,00%. Hasil penelitian tersebut memberikan informasi bahwa instrumen penilaian keterampilan kerja ilmiah yang dikembangkan sudah sangat valid untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika yang berbasis inquiry sebagai alat evaluasi pembelajaran bagi guru fisika SMA. Kata kunci: Kerja Ilmiah, Model Pembelajaran Inquiry, Penilaian Keterampilan.
Permendiknas 2006 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional)
Semiawan C dkk 1992 Pendekatan Ketrampilan Proses (Jakarta : PT Gramedia Widiasarana)
Putra S R 2013 Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains (Yogyakarta : Diva Press)
Basuki I dan Hariyanto 2014 Asesmen Pembelajaran (Bandung : Remaja Rosdakarya)
Supahar dan Zuhdan K P (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Inkuiri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika SMA (Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 19/1. Pp 96-108)
Kotimah E Undang R dan Ismu W 2015 Pengembangan Instrumen Assessment Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains dengan Scientific Approach (Jurnal Penelitian Fisika)
Sugiyono 2013 Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung : Alfabeta)
Permendikbud 2014 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
Arikunto S 2013 Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta : Bumi Aksara)
Permendikbud 2015 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan)