Peningkatan Nilai Karakter dan Hasil Belajar Fisika pada Materi Gerak Harmonik Sederhana dengan Model Project Based Learning berbasis Multimedia

Usrotun Marichah

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran dan seberapa banyak peningkatan nilai karakter dan hasil belajar fisika melalui model project based learning berbasis multi media. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus 1 terdapat 4 pertemuan dan siklus 2 terdapat 3 pertemuan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Kedungwuni semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Terjadi peningkatan rata-rata nilai ulangan harian dari 65,18 menjadi 84,27 dan ketuntasan klasikal dari 30% menjadi 94,59%, diiringi dengan peningkatan nilai karakter peserta didik.
Kata kunci: nilai karakter, hasil belajar, model project based learning dan multi media.

Full Text:

118-126

References


Peraturan Pemerintah 2016 Permendikbud no 23 tahun 2016 tentang standar Penilaian Pendidikan(Jakarta: Permendikbud)

Stallion Maria A andKarol Y 2003 Enhancing Character Education for Tomorrow’s Teacher, Today: A Connected Learning Partnersip Model (Floirida Association of Teacher Educators Journal vol 1) ed 3 pp 250-260

Adisusilo 2012Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif(Jakarta: Rajawali Pers)

Thomas J W 2000 A Review Research on Project Based Learning(California: The Autodesk Foundation)

Suyanto 2010Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah(Jakarta: Dirjen Mendikdasmen)

Sudjana N 2001Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar(Bandung: Sinar Baru Algessindo)

Munir 2008 Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia)

Philips R 1997A practical guide for educational applications(London: Kogan Page limited).




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats