Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Gaya

Muhamad Zulham, Dwi Sulisworo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis mobile menurut validasi ahli media, ahli materi dan uji coba terbatas. Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Instrumen penelitian mengggunakan lembar validasi dengan sumber data dari ahli materi, ahli media dan hasil uji coba terbatas kepada siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media ditinjau menurut validasi ahli materi sebesar 82,50% termasuk dalam kategori baik, ahli media 83,60% termasuk dalam kategori baik, dan uji coba terbatas kepasa siswa 83,63% termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata kunci: Multimedia Interaktif, Kontekstual,Mobile, Gaya

Full Text:

132-141

References


Anderson J 2010 ICT Transforming Education: A Regional Guide (Thailand: UNESCO)

Hackbarth S 1996 The Educational Technology Handbook (Englewood Cliiffs: Educational Technology Publications, Inc)

Mayer R 2007 Multimedia Learning (New York: Cambridge University)

Güngören O C 2013 Authentic Learning in Multimedia The Online Journal of Distance Education and e-Learning vol 1 issue 3 pp 1

Wirawan P W 2011 Pengembangan Kemampuan E-Learning Berbasis Jurnal Universitas Diponegoro vol 2 no 4 pp 22-23

Nurhadi 2002 Pendekatan Kontekstual (Jakarta: Depdikbud)

Halida N 2015 Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Masalah pada Materi Cahaya dan Optika untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mts," (Tesis:Universitas Negeri Yogyakarta)

Fahmi S 2014 Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Professional dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika dan ICT (Tesis:Universitas Negeri Yogyakarta)

Sumari D G 2015 Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA (Tesis:Universitas Negeri Yogyakarta)

Borg W G dan Gall M D 1983 Educational Research: an introduction (New york: Longman)

Sukarjo 2006 Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran (Diktat Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran: Tidak diterbitkan)




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats