Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk Moodle pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD). Pengujian menggunakan angket untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Angket diberikan kepada ahli, praktisi dan responden. Hasil angket ahli media dan ahli materi diperoleh rata-rata persentase 84,5% dengan kategori sangat layak. Hasil angket praktisi diperoleh persentase 93% dengan kategori sangat layak. Hasil angket yang diberikan pada responden diperoleh persentase 85,27 %. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan hasil penilaian angket ahli, praktisi dan responden diperoleh skor rata-rata 86,8175% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dalam bentukMoodle layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Moodle, Suhu dan Kalor
Anitah S 20112 Media Pembelajaran (Surakarta: Yuma Pustaka)
Pranoto Wahyuni A dan Winati T 2015 Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung di Kelas X TGB SMKN 1 KEDIRI Jurusan Teknik Sipil (A4) FT UNESA Ketintang-Surabaya,3(3): 13-19.http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajianptb/article/view/12117.(Diakses 22 Oktober pukul 11.25 wib.)
Kustandi Cecep dan Sutjipto B 2013 Media Pembelajaran Manual dan Digital (Bogor: Penerbit ghalia Indonesia)
Yudhi Munadi 2013 Media Pembelajaran (Jakarta: Gp Press Group)
Arsyad Azhar 2014 Media Pembelajaran (Depok: PT Rajagrafindo Persada)
Prakoso KS 2005 Membangun E-Learning dengan Moodle (Yogyakarta: ANDI)
Sugiyono 2013 Penelitian Pendidikan (Bandung: Penerbit Alfabeta)